. Sumut Siaga Darurat Corona

Sumut Siaga Darurat Corona

Gubernur Edy Rahmayadi.
(Matra, Medan)- Gubernur Edy Rahmayadi mengumumkan Sumatera Utara (Sumut) masuk dalam level siaga darurat virus korona. Sejumlah langkah dan upaya telah dipersiapkan untuk mencegah penyebaran virus mematikan tersebut.

"Saat ini, ada dua pasien di RS Adam Malik yang masuk dalam kategori orang dalam pemantauan (ODP). Sampai saat ini, dua pasien tersebut dalam pengawasan ketat Dinas Kesehatan. Selain dua orang itu, ada satu lagi yang hari dalam perjalanan, masuk dalam pengawasan,” kata Gubenur Edy di Medan, Senin (16/3/2020).

Begitupun, Edy mengklaim hingga kini kondisi di Sumut relatif masih aman atau masih pada level siaga. Sama seperti level bencana alam, Sumut patut berupaya agar statusnya tak naik ke level waspada atau awas.

"Status Sumatera Utara adalah siaga. Saya berharap, empat belas hari ke depan tidak berubah status ini. Bahkan kita menurunkan status ini," kata Edy.

Status siaga darurat korona di Sumut tersebut mulai diberlakukan pada 16 Maret hingga empat belas hari ke depan. Dengan status itu, pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya kini tengah mengupayakan langkah pencegahan dan langkah antisipatif, jika virus ini benar-benar mewabah di Sumut.

Berulang kali Edy mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tak panik. Tetapi tetap meningkatkan kewaspadaan. Masyarakat diminta untuk tidak melakukan kontak fisik saat bersalaman.

Sejumlah agenda yang menghimpun masyarakat ramai juga dibatalkan. Salah satunya Sumut Fair 2020 yang direncanakan dibuka pada 20 Maret mendatang. Seluruh instansi maupun lembaga-lembaga lain termasuk pihak swasta yang telah merencanakan acara yang menghimpun orang dalam jumlah banyak, diminta untuk ditunda atau dibatalkan.(Matra)


Sumber: BeritaSatu.com

Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama