. Melirik Pernikahan Putri dan Mantu Bupati Simalungun RHS, Naik "Gojos" Menuju GKPS Tigarunggu

Melirik Pernikahan Putri dan Mantu Bupati Simalungun RHS, Naik "Gojos" Menuju GKPS Tigarunggu


Novalina Estetika Boru Sinaga SH (putri bupati) dan Teguh Pribadi Girsang STP (Mantu) Bupati Simalungun Naik 'Gojos' Menuju Pemberkatan Pernikahan di GKPS Tigarunggu.

Tigarunggu, S24-Pengantin Pria dan Wanita (Putri dan mantu) Bupati Simalungun St Radiapoh Hasiholan Sinaga SH MH naik 'gojos' (sejenis kereta pedati ditarik kerbau) menuju Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Tigarunggu, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun untuk melangsungkan pemberkatan pernikahan, Sabtu (1/7/2023).

Gojos adalah kereta pedati yang ditarik kerbau. Fenomena itu sangat menarik perhatian. Bahkan, viral di media sosial. Sejumlah netizen menilai kesederhanaan lebih ditonjolkan pada pemberkatan pernikahan Novalina Estetika Boru Sinaga SH (putri bupati) dan Teguh Pribadi Girsang STP.

Tampak juga Bupati Radiapoh Sinaga bersama istri, Ratnawati Sidabutar menumpangi gojos. Sebanyak 10 kereta pedati kerbau berjalan beriringan menuju GKPS Tigarunggu.

"Unik. Ini menunjukkan kesederhanaan. Bukan tidak bisa naik mobil Alphard, tapi bupati lebih memilih untuk tampil sederhana," tutur warga, Jutamardi Purba.

Menurutnya, gojos adalah jenis angkutan tradisional etnis Simalungun dan biasanya digunakan untuk mengangkut hasil-hasil pertanian.

Pada pesta pernikahan itu, Radiapoh mengucapkan selamat datang untuk para undangan. Ditaksir, lebih 6 ribu undangan memadati lokasi pesta di rumah kediaman bupati di Tigarunggu.

"Semoga boru (putri) dan hela (mantu) kami hidup bahagia dan menjadi keluarga yang teladan. Terima kasih atas kehadiran para tamu undangan," tutur Radiapoh.

Menurut Teguh Pribadi Girsang STP, naik "Gojos" adalah tradisi di Simalungun, sebagai alat transportasi pertanian. Hal ini harus diabadikan sebagai salah satu keunikan di Kabupaten Simalungun.

Hal senada juga diutarakan Novalina Estetika Boru Sinaga SH (Putri Bupati Simalungun RHS). menurutnya, naik "Gojos" menuju GKPS Tigarunggu adalah bentuk yang unik. 

"Ini adalah unik dan saya cukup senang. Karena Gojos adalah salah satu alat transportasi warga Simalungun untuk mengangkut hasil pertanian dari ladang sejak jaman penjajahan Belanda. Ternyata "Gojos" di era modern ini masih abadi di Simalungun," ujar  Novalina Estetika Boru Sinaga SH, yang juga lahir di kota ini.

Kesan Intan Saragih

Sementara Intan Saragih dan Intan Purba juga mengucapkan selamat dan sukses atas pernikahan Novalina Estetika Boru Sinaga SH (putri bupati) dan Teguh Pribadi Girsang STP. Acara Resepsi kedua Pengantin dilaksanakan di Lapangan Brimob Kota Pematangsiantar, Minggu (2/7/2023).

"Intinya tetap syukuri apa adanya. Dan tentunya berterimakasih juga buat yang berbaik hati, Keluarga Bapak Bupati Simalungun. Kaha awak Chrismes Haloho  (Calon DPRD Simalungun kita Tahun 2024 dari Golkar No.1). Botou awak Daniel Silalahi (Pak Kadis). Kaka awak Soveny Girsang  dan abang awak Coden Real. Botouhu Kasdi Saragih," ujar Intan Saragih.
 
"Juga terimakasih kepada Home Band Frans Seru Manullang dan kawan-kawan. Gawei awak Maya Sari Pandiangan  dan Laura Bor Sin yang sudah kasih salon gratis untukku. ( Siantar Salon). Pokoknya semuanyalah yang tak terbilang satu-satu. Juga MC Vanda Hutagalung. Sehat sukses semakin diberkatilah semuanya. Ase Songon hatani umpasa: "PINTA - PINTA SORI MANDAPOT, SONAI NA IPARSINTA HITA,SAI SONAIMA TONGON DAPOT" NAIBATA mamasu-masu ijape hita marianan," tambah Intan Saragih dengan menambahkan #BiarTersimpanDisiniAseDongKenangan #ApaAdanyaBukanAdaApanya#BiarPernah. (AsenkLeeSaragih)











Novalina Estetika Boru Sinaga SH (putri bupati) dan Teguh Pribadi Girsang STP (Mantu) Bupati Simalungun Naik 'Gojos' Menuju Pemberkatan Pernikahan di GKPS Tigarunggu.


Teguh Pribadi Girsang STP  dan Novalina Estetika Boru Sinaga SH (putri RHS) di Depan GKPS Tigarunggu, Sabtu (1/7/2023).


"(02 Juli 2023) Resepsi Pernikahan Umum Anak - anak kami berjalan dengan lancar. Terimakasih kepada Rekan, Sahabat, Kolega, Saudara, Forkopimda serta Masyarakat yang hadir atas dukungan serta doa Restu kepada Anak - anak kami," RHS.

Teguh Pribadi Girsang STP  dan Novalina Estetika Boru Sinaga SH (putri RHS) di Depan GKPS Tigarunggu, Sabtu (1/7/2023).












Teguh Pribadi Girsang STP  dan Novalina Estetika Boru Sinaga SH (putri RHS) di Acara Resepsi Nasional di lapangan Mako Brimob Pematangsiantar, Minggu (2/7/2023).

Teguh Pribadi Girsang STP  dan Novalina Estetika Boru Sinaga SH (putri RHS) di Acara Resepsi Nasional di lapangan Mako Brimob Pematangsiantar, Minggu (2/7/2023).

Galeri Foto Intan Saragih di Acara Resepsi Pernikahan 
Teguh Pribadi Girsang STP  dan Novalina Estetika Boru Sinaga SH 




Intan Saragih dan Rani Simbolon.





Intan Saragih dan Intan Purba bersama Bupati Simalungun RHS dan Istri.





Intan Saragih bersama Dorman Manik dan Rani Simbolon.

Intan Saragih dan Intan Purba bersama Drs Crismes Haloho caleg DPRD Kabupaten Simalungun Dapil Simalungun 1 Partai Golkar.


Intan Saragih dan Intan Purba Bersama Kedua Pengantin.






 

Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama