. Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Jambi-Rengat Mulai Terwujud

Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Jambi-Rengat Mulai Terwujud

Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Jambi-Rengat Mulai Terwujud.

Jambi, S24-
Pemerintah tengah menyelesaikan akuisisi lahan, terutama di Kabupaten Tanjung Jabung Barat menjelang pembangunan jalan tol Trans Sumatera bagian Jambi-Rengat sepanjang 79,6 KM. Jalur ton ini melintasi lima kecamatan yakni Kecamatan Muara Papalik, Tebing Tinggi, Tungkal Ulu, Batang Asam, dan Senyerang, dengan rencana exit tol di Desa Dusun Mudo Merlung.

Kepala Badan Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) 5 Jambi, Ibnu Kurniawan kepada wartawan diselasela Peringatan Hari BHkati PUPR Ke 78, Minggu (3/12/2023) menyatakan, bahwa proyek Jalan Tol Jambi-Rengat sedang berlangsung.

Saat ini, pihaknya tengah menyiapkan semua dokumen pendukung untuk konstruksi. Kurniawan memastikan bahwa kekhawatiran tentang pembiayaan pembangunan infrastruktur Jalan Tol Jambi Rengat tidak perlu dicemaskan.

Jalan tol yang menghubungkan Provinsi Riau dan Provinsi Jambi ini telah mendapatkan investasi. Upaya sedang dilakukan untuk menyelesaikan akuisisi lahan proyek. Setelah akuisisi lahan selesai, tahap-tahap berikutnya dan tahap lelang proyek akan menyusul.

Disebutkan, pembiayaan pembangunan Jalan Tol Jambi Rengat telah dijamin oleh Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB), dengan perkiraan mencapai Rp23 triliun.

Rute jalan, dimulai dari Tempino Muarojambi hingga Simpang Ness dan berakhir di Merlung, telah dijelaskan secara detail.

Kurniawan menyampaikan harapannya bahwa kesepakatan kerja sama proyek Jalan Tol Jambi Rengat dapat tercapai sebelum berakhirnya masa jabatan Presiden Joko Widodo pada tahun 2024.

Proyek ini tidak hanya menjanjikan peningkatan infrastruktur, tetapi juga transformasi potensial dalam status ekonomi penduduk di wilayah lintas Sumatera Jambi. (S24/AsenkLeeSaragih)

Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama