. Martua Sitanggang Miliki Ide Bangun Pengadilan Negeri di Samosir

Martua Sitanggang Miliki Ide Bangun Pengadilan Negeri di Samosir


Samosir, S24-
Wakil Bupati Samosir Drs Martua Sitanggang MM semakin diperhitungkan untuk diusung kembali di Pilkada Samosir 27 November 2024. Martua Sitanggang yang mumpuni bidang birokrasi ini, juga memiliki jaringan luas secara nasional. Kini Martua Sitanggang dilirik sejumlah bakal calon Bupati Simalungun untuk dijadikan sebagai pendamping.

Drs Martua Sitanggang sangat akrab dengan Ketua Mahkamah Agung RI ini pernah bertugas di Pengadilan Negeri Batanghari, Provinsi Jambi. Sehingga ketika bertemu dengan Martua Sitanggang Wakil Bupati Samosir langsung akrab, ada kemistrinya.

Pada pada kunjungan ke Samosir beberapa waktu lalu, Ketua MA dalam sambutannya menyampaikan bahwa telah mengagendakan  pembangunan Kantor Pengadilan Negeri yang Ke 36 yaitu di Kabupaten Samosir.

Baca: Profil Drs Martua Sitanggang MM, Mumpuni Dalam Birokrasi, Memiliki Ide Cemerlang Bidang Pembangunan

Terlebih lagi karena di Samosir ada sahabat lamanya yang dari Jambi yaitu Martua Sitanggang. Ide agar ada Pengadilan Negeri Samosir berawal dari keinginan OH Simarmata SH, pensiunan Ketua Pengadilan Tinggi Manado (2002)  asal Desa Paralangit Lumban Suhi-Suhi Toruan hela (menantu) ni Op SB Pasaribu Sariburaja, agar ada Pengadilan Negeri Samosir.

Banyak warga Samosir yang sudah jadi hakim, juga karena bagi pihak  yang dari Samosir berperkara di Pengadilan Negeri Balige sangatlah memberatkan. Ide itu ditanggapi oleh Martua Sitanggang yang dengan sigap melakukan lobi-lobi agar ada Pengadilan Negeri di Samosir.

Dan upaya Martua Sitanggang telah membuahkan hasil, Ketua Pengadilan Negeri Balige Makmur Pakpahan sudah meninjau lahan yang disiapkan Pemkab Samosir. Namun baru ada lahan 3000 Meter, sedang persyaratannya harus 6000 meter.

Semogalah Mahkamah Agung RI bisa memberikan solusi untuk luas lahan ini agar segera dibangun Pengadilan Negeri Pangururan Samosir. Warga juga berterima kasih untuk Martua Sitanggang yang kini menjabat Wakil Bupati Samosir yang telah memperjuangkan agar dibangun Pengadilan Negeri di Samosir.

Semogalah ketika sudah ada Pengadilan Negeri di Samosir, Martua Sitanggang tetap menjadi "Parhobas" di Kabupaten Samosir. "God bless Pak Martua Sitanggang dan edaku Rohana Boru Situmorang na uli, juga itoku Udut Sitanggang dan eda Boru Naibaho,"ujar salah seorang tokoh Samosir. (S24-AsenkLeeSaragih)

Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama