. Pengusaha Jambi Perlu Manfaatkan Kerja Sama Ekonomi Indonesia, Malaysia dan Thailand

Pengusaha Jambi Perlu Manfaatkan Kerja Sama Ekonomi Indonesia, Malaysia dan Thailand

Gubernur Jambi, Fachrori Umar (dua dari kiri) dan Direktur Sub Regional Cooperation Centre of Indonesia Malaysia Thailand-Growth Triangle (CIMT – GT), Firdaus Dahlan (dua dari kanan) pada pertemuan dengan Delegasi Forum CIMT-GT di Kota Jambi, Jumat (13/12/2019). (Matra)
(Matra, Jambi) – Para pengusaha industri dan perdagangan di Provinsi Jambi perlu memanfaatkan kerja sama ekonomi Indonesia, Malaysia dengan Thailand untuk meningkatkan pemasaran (ekspor) hasil-hasil industri perkebunan Jambi ke luar negeri.    
 
Melalui kerja sama pusat segitiga perkembangan Indonesia, Malaysia, Thailand (Centre of Indonesia Malaysia Thailand-Growth Triangle (CIMT-GT) yang sudah terjalin saat ini, peluang pengusaha Jambi memperluas jaringan perdagangan ke Malaysia dan Thailand semakin terbuka.

Gubernur Jambi, Fachrori Umar pada pertemuan dengan Delegasi Forum CIMT-GT di Kota Jambi, Jumat (13/12/2019) mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi akan mendorong para pelaku usaha di Provinsi Jambi untuk memanfaatkan peluang yang ditawarkan dalam kerja sama Centre of Indonesia Malaysia Thailand-Growth Triangle (CIMT-GT).

Kehadiran CIMT-GT bagi pengembangan perdagangan hasilperkebunan Jambi penting, kata Fachrori Umar karena kerja sama tiga negara Indonesia, Malaysia, dan Thailand (IMT) bertujuan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di wilayah IMT melalui peningkatan perdagangan, investasi dan peningkatan ekspor.

“Selain itu  kerja sama CIMT – GT juga penting meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan kesempatan kerja, pendidikan, sosial dan budaya. Kemudian CIMT – GT juga mendorong sektor swasta untuk memainkan peran utama dan sektor publik dalam memfasilitasi dan mendukung pertumbuhan ekonomi. Wilayah Indonesia yang menjadi bagian dari kerja sama IMT-GT adalah provinsi: Aceh, Bangka-Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Sumatera Selatan, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat,”katanya.

Fachrori Umar menjelaskan, pertemuan CIMT – GT di Jambi tersebut merupakan tindak lanjut kegiatan yang telah dilaksanakan serta perumusan arah kedepan dari negara Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle IMT-GT. Kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut pertemuan gubernur dan para menteri di Thailand pada bulan September yang lalu.

“Kami siap memfasilitasi kerjasama yang akan dibangun oleh pemerintah ataupun swasta dengan pelaku usaha yang ada di Malaysia, Thailand, maupun di Indonesia. Semoga kerjasama yang telah dibangun di IMT-GT membawa dampak positif bagi kemajuan Provinsi Jambi, dan apa yang kita buat dan dengan kita bekerjasama semua bisa berhasil, terutama bagi kesejahteraan masyarakat,"ujarnya.    
Para delegasi Delegasi Forum Centre of Indonesia Malaysia Thailand-Growth Triangle (CIMT-GT) santap siang dengan Gubernur Jambi, Facvhrori Umar (dua dari kanan) pada pertemuan di Kota Jambi, Jumat (13/12/2019). (Matra)
"Green City"
 
Sementara itu, Direktur Sub Regional Cooperation CIMT – GT, Firdaus Dahlan menyampaikan, pihaknya ingin menjalin kerja sama dengan daerah-daerah di Sumatera tentang beberapa program. Salah satunya program Green Cities (Kota Hijau). Kemudian CIMT – GT juga mendorong kerja sama pengembangan infrastruktur, pendidikan, dan juga industri, lingkungan hidup.

“Tentunya ini akan berguna untuk mendorong peningkatan kualitas pada Provinsi Jambi,”katanya.

Menurut Firdaus Dahlan, melalui kerja sama CIMT – GT, para pebisnis di Jambi ini bisa mengambil peluang kerja sama, terutama dalam mengambil kesempatan mendapatkan bantuan dari mitra CIMT –GT. Salah satu di antaranya bantuan dukungan dalam perencaan pembangunan kota.

 Melalui dukungan Gubernur Jambi dan jajaran dan hasil pertemuan dengan para pengusaha di Jambi,  lanjut Firdaus Dahlan, delegasi CIMT – GT menemukan berbagai potensi yang dapat dikembangkan di Jambi.

"Jambi terkenal dengan karetnya, kelapa sawit dan kopinya. Nah ini semuanya akan menjadi suatu potensi yang bisa kita lemparkan kepada pasar, baik itu di Thailand baik itu di Malaysia. Ini yang perlu kita garap ke depan. Salah satu proyek yang bagus juga yang perlu kita kembangkan adalah green city,”katanya. (Matra/Ade SM)

Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama