. Ephorus HKBP Terpilih Menjadi Permanent Committee on Consensus and Collaboration Convenes (PCCC) Dewan Gereja Sedunia

Ephorus HKBP Terpilih Menjadi Permanent Committee on Consensus and Collaboration Convenes (PCCC) Dewan Gereja Sedunia

Pdt. Dr. Robinson Butarbutar (tengah).

MEDAN, S24-Rapat Komite Sentral Dewan Gereja Sedunia yang berlangsung di Jenewa, Swiss 21-27 Juni 2023 menetapkan Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar menjadi Permanent Committee on Consensus and Collaboration (PCCC) sampai tahun 2030. Pdt. Dr. Robinson Butarbutar menjadi 1 dari 14 orang (1 dari 7 Keluarga Protestan, 7 lainnya dari Gereja Orthodox) anggota Komisi Tetap Konsensus dan Kolaborasi Dewan Gereja Sedunia.

Komite Tetap Konsensus dan Kolaborasi (PCCC), merupakan sebuah komite dari Komite Pusat Dewan Gereja Sedunia, yang dibentuk untuk melanjutkan otoritas, mandat, kepedulian, dan dinamika Komisi Khusus untuk Partisipasi Gereja Ortodoks di Dewan Gereja Sedunia. 

Tugasnya memberikan nasihat dan membuat rekomendasi kepada badan pengatur selama dan di antara sidang raya; memfasilitasi dan meningkatkan partisipasi Gereja Ortodoks dalam seluruh kehidupan dan pekerjaan Dewan Gereja Sedunia. 

Tidak hanya itu, PCCC juga bertugas menawarkan nasihat dan memberikan kesempatan untuk bertindak dalam hal-hal yang menjadi kepentingan bersama; dan memberikan perhatian pada masalah eklesiologi.

Sebelum terpilih menjadi anggota PCCC, Ephorus HKBP juga telah terpilih menjadi satu dari 150 anggota Komite Sentral pada Sidang Raya Dewan Gereja Sedunia tahun 2022 di Karlsruhe – Jerman. Dewan Gereja Sedunia/ World Council of Churches mewakili 352 gereja anggota dengan total 596,3 juta jiwa umat di seluruh penjuru dunia. 

Terpilihnya Ephorus HKBP menjadi anggota PCCC tentu semakin memantapkan peran HKBP tidak hanya pada konteks nasional, namun juga pada konteks internasional. Hal ini juga merupakan doa sekaligus visi HKBP menjadi berkat bagi dunia. (SKE_JFS)












Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama