. Jejak Roadshow Kadis PU Provinsi Jambi Dalam Konsep IPTEKS Pembangunan Insfrastruktur

Jejak Roadshow Kadis PU Provinsi Jambi Dalam Konsep IPTEKS Pembangunan Insfrastruktur


Jambi, S24
-Semangat pengabdian untuk selalu bekerja dan bekerja kiranya tidak hanya sebatas slogan semata. Namun benar-benar diaktualisasikan oleh kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi H M Fauzi beserta jajarannya.
 
Tidak mengenal waktu dari pagi hingga malam hari, tak terkecuali di akhir pekan sekalipun M Fauzi yang kerap didampingi Kabid Bina Marga PUPR Provinsi Jambi Wasis Sudibya, ST turun meninjau sejumlah pekerjaan infrastruktur tahun anggaran 2023 yang tengah berjalan.

M Fauzi tetap melakukan kunjungan ke lapangan, melihat langsung tentang apa yang sudah, sedang dan akan dikerjakan oleh stafnya dan rekanan.

Potret itulah yang tampak dua bulan terakhir Juni-Juli 2023. Didampingi Kabid Bina Marga Wasis Sudibya ST, serta beberapa orang staf, M Fauzi berkesempatan langsung untuk meninjau sejumlah lokasi proyek.

Seperti Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi H M Fauzi didampingi Kabid Bina Marga Dinas PUPR Provinsi Jambi Wasis Sudibya, ST melaksanakan peninjauan Jalan Suak Kandis Muarojambi yang tengah dalam pengerjaan, Rabu (12/7/2023).

Peninjauan proyek ruas Jalan Simpang Talang Pudak - Suak Kandis, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muarojambi itu sebagai komitmen Dinas PUPR Provinsi Jambi.

M Fauzi berharap agar pekerjaan ini dilaksanakan tepat waktu dan kualitas memenuhi spesifikasi teknis. Akses jalan ini merupakan urat nadi perekonomian masyarakat sehingga harus menjadi prioritas.

Disebutkan, sejak November 2021 lalu, akses jalan ini sangat memprihatinkan, sehingga pada Tahun Anggaran 2022 dikerjakan untuk memenuhi keinginan masyarakat untuk mendapatkan akses jalan yang memadai.

Kadis PUPR Provinsi Jambi M Fauzi mengatakan, ruas jalan Provinsi Talang Pudak-Suak Kandis, Kecamatan Kumpeh Ilir, Kabupaten Muaro Jambi, termasuk dalam program pekerjaan secara Multiyears.

Disebutkan, bahwa ini merupakan salah satu upaya menyerap aspirasi baik masyarakat maupun pemerintah desa di Kecamatan Kumpeh, Muarojambi, dikarenakan jalan yang cukup panjang, dari mulai daerah Talang Pudak sampai ke Suak Kandis.

Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi H M Fauzi didampingi Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi, Wasis Sudibya, ST juga melihat secara langsung rekanan yang tengah mengerjakan proyek tersebut.

"Awalnya jalan disini cukup parah, apalagi jalan ini adalah jalan yang dilalui setiap hari oleh masyarakat, dan kita melihat urgensi disini cukup tinggi, maka kita bangun proyek  jalan Multi Years disini," tutur Fauzi.

M Fauzi menjelaskan bahwa pembangunan proyek jalan Multi Years ini akan berlangsung selama 3 tahun kedepan, dengan ruas jalan sepanjang 56 KM dan anggaran dana sebanyak Rp 389 Milyar untuk jalan Talang Pudak - Suak Kandis.

“Tujuan pembangunan jalan ini dikarenakan merupakan jalan akses ekonomi masyarakat, mereka membawa hasil tani dan ternak melalui jalan ini, apabila nantinya jalan disini cukup bagus maka perekonomian disini akan berjalan dengan baik," katanya.


Lomba Kontruksi

Dalam upaya peningkatan kualitas pekerjaan kontruksi yang profesional bagi pekerja kontruksi, Dinas PUPR Provinsi Jambi juga melakukan Lomba Kerja Konstruksi Se Provinsi Jambi pada  Senin 24 Juli 2023 di Sarolangun. 

Acara ini dibuka langsung oleh Gubernur Jambi H Al Haris, Kadis PUPR Provinsi Jambi M Fauzi, Para Kabid Dinas PUPR Provinsi Jambi, PLT Bupati Sarolangun, serta perwakilan dari Kementrian Jasa dan Kontruksi.

Menurut M Fauzi, lomba kontruksi tersebut sebagai tanggung jawab Dinas PUPR Provinsi Jambi dalam peningkatan SDM pekerja konstruksi. Hal ini guna menciptakan SDM pekerja konstruksi yang handal dan profesional.

Sementara Gubernur Jambi H Al Haris mengatakan, Lomba Kerja Kontruksi se-Provinsi Jambi sebagai bukti komitmen Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas PUPR Provinsi Jambi dalam peningkatan SDM para pekerja konstruksi di Provinsi Jambi.

Gubernur Jambi H Al Haris juga mengapresiasi pelaksanaan Lomba Kerja Konstruksi se Provinsi Jambi itu yang melibatkan para pekerja konstruksi se Provinsi Jambi guna menciptakan pekarja berkompoten dan profesional.

Dinas PUPR Provinsi Jambi melalui Bidang Bina Konstruksi juga telah menyelenggarakan Pelatihan dan Uji Sertifikasi Tenaga Ahli Konstruksi Tingkat Ahli Muda Teknik Jalan dan Ahli Muda Teknik Jembatan pada 29-31 Mei 2023.

Disisi lain, Dinas PUPR Provinsi Jambi juga memiliki Barang Milik Daerah (BMD) berupa berbagai macam alat berat yang fungsinya bermacam-macam.

Selain digunakan untuk pekerjaan, tugas, dan fungsi instansi, alat berat tersebut juga dapat disewakan kepada pihak lain. Untuk info lebih lengkapnya, bisa menghubungi dinas terkait.

Pada kesempatan lain dalam “Roadshow Teknis” Kadis PU Provinsi Jambi, M Fauzi dan Kabid Cipta Karya juga meninjau pembangunan lokasi STQ (Seleksi Tilawatil Qur'an) 2023 di Taman Rimba, Kota Jambi pada Kamis 27 Juli 2023 lalu.

Peninjauan pembangunan pelebaran akses VIP Bandara Jambi.

Pelebaran Akses Bandara

Dinas PUPR Provinsi Jambi kini juga melakukan pelebaran akses menuju VIP Bandara Sulthan Taha Syaifudin Jambi. Seperti diketahui bahwa ruas jalan yang berada di "Bandara Ujung" ini mengalami bottle neck (penyempitan) pada tikungan. 

Sebelumnya pada tahun 2021 telah dianggarkan untuk kegiatan pelebarannya, namun karena saat itu terjadi Pandemi COVID-19 sehingga berdampak pada direfocusingnya anggaran.

“Alhamdulillah pada TA.2023 ini dapat direalisasikan melalui kegitan Swakelola Bidang Bina Marga, selain memperhitungkan dari segi keamanan dan keselamatan kendaraan yang melintas. Faktor estetika juga nantinya akan menjadi bagian dari penanganan ini. Namun selama proses pelebaran ini berlangsung mohon kepada warga yang melintas pada ruas jalan tersebut agar lebih berhati-hati dan melambatkan laju kendaraannya. Terima kasih,” ujar Kadis PUPR Provinsi Jambi M Fauzi didampingi Kabid Bina Marga PUPR Provinsi Jambi Wasis S saat meninjau lokasi proyek.

Pelepasan Hak

Dalam melanjutkan program pembangunan jalan akses Pelabuhan Ujung Jabung , Tanjabtim, Dinas PUPR Provinsi Jambi juga sudah melakukan pelepasan hak dan pemberian ganti kerugian tahap 4 Tahun Anggaran 2023.

Dinas PUPR Provinsi Jambi melalui Seksi Aset dan Pertanahan pada Bidang Sekretariat melaksanakan kegiatan "Pelepasan Hak dan Pemberian Ganti Kerugian Tahap 4. Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan Jalan Akses Pelabuhan Ujung Jabung Tahun Anggaran 2023" kepada masyarakat Daerah Sabak, Tanjung Jabung Timur, pada Senin, 5 Juni 2023 lalu.

Dalam beberapa kesempatan, M Fauzi yang akbrab disapa “pak kumis” ini memberikan arahan teknis bahwa hendaknya konsep pembangunan baik di bidang Bina Marga, Cipta Karya dan lainnya kedepan tidak semata-mata berorientasi kepada pekerjaan struktur semata.

Tetapi sudah mengakomodir nilai-nilai seni (estetika). Khusus untuk pekerjaan yang berlokasi di kawasan bandara. 

Dan dalam menjalani tugas berat sebagai seorang nakhoda kapal PU, M Fauzi selalu bersikap tenang dan enjoy seperti yang tercermin dalam semboyan beliau, senyum, salam dan sapa. Sebuah sikap yang ramah, familier dan bersahaja. 

Sehingga siapapun yang berhadapan dengan M Fauzi tidak merasa kaku dan sungkan. Namun ketegasan dan kedisiplinan adalah suatu prinsip yang selalu beliau kedepankan demi untuk mencapai sebuah hasil yang maksimal. (S24-AsenkLeeSaragih)






Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama