. Reses Elviana Ke Desa Teluk Rendah Ulu Pinggir Sungai di Tebo

Reses Elviana Ke Desa Teluk Rendah Ulu Pinggir Sungai di Tebo

Ketua Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Jambi Hj Dra Elviana MSi melakukan kunjungan dapil dan selalu memberikan bingkisan tali asih kepada warga. (Foto: Istimewa)

Tebo, S24-Ketua Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Jambi Hj Dra Elviana MSi melakukan kunjungan dapil atau sidang lapangan (reses) masa akhir Oktober 2023 di Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi. Dalam Kundapil ini, Elviana banyak menampung aspirasi rakyat, khususnya kaum ibu-ibu rumah tangga dan pelaku UMKM.

Rangkaian kegiatan reses Elviana sepekan di Tebo melaksanakan pertemuan dengan warga dan tokoh masyarakat di Desa Teluk Rendah dan Desa Teluk Rendah Ulu, Kecamatan Tebo Ilir, Kabupaten Tebo. 


"Sudah gelap, listrik di desa mereka mati. Kami berfoto di atas pinggir jalan membelakangi Sungai Batanghari di Teluk Rendah Pasar. Ada juga adik-adik pemuda ini usai goro bikin lapangan Volly di Desa Teluk Rendah Pasar. Warga menunggu dipinggir Sungai Batanghari yang sedang dangkal," ujar Elviana saat berkunjung di Desa Teluk Rendah Pasar, Kecamatan Tebo Ilir, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi.

Potensi Desa Teluk Rendah Ulu

Ada sejumlah potensi di Desa Teluk Rendah Ulu seperti Kelompok UMKM Berkah Bersama bergerak pada bidang makanan yaitu rengginang gadung. Rengginang adalah sejenis kerupuk tebal yang pada umumnya terbuat dari beras ketan yang dibentuk bulat dan dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari. Namun berbeda dengan masyarakat Desa Teluk Rendah Pasar yang mengolah Rengginang dengan bahan dasar Gadung.

Gadung adalah sejenis tumbuhan berumbi dari suku Dioscoreaceae yang umumnya dipakai sebagai tanaman pangan. Gadung menghasilkan umbi yang dapat dimakan, tetapi mengandung racun yang dapat mengakibatkan pusing dan muntah apabila kurang benar pengolahannya.

MAYANG MAKMUR

Kemudian ada Kelompok UMKM Mayang Makmur bergerak dibidang makanan yaitu dodol ketan. Dodol merupakan makanan semi basah yang pembuatannya dari tepung beras ketan, santan kelapa, dan gula dengan atau tanpa penambahan bahan makanan dan bahan tambahan makanan lain yang diijinkan, yang hasilnya merupakan adonan berbentuk padatan yang cukup elastis berwarna coklat muda sampai dengan coklat tua. Kelompok UMKM Mayang Makmur turut meramaikan pembuatan dodol ketan di Desa Teluk Rendah Pasar.

PUTRI BUNGSU

Kelompok UMKM Putri Bungsu bergerak dibidang makanan yaitu kerupuk ubi. Kerupuk merupakan salah satu camilan yang cukup populer dan jenisnya pun beragam, mulai dari yang berbahan dasar pisang, singkong, ubi jalar, dan lain-lain. Makin lama, rasa kerupuk pun makin bervariasi dan ini yang membuat penggemar kerupuk tidak surut.

UMKM Putri Bungsu yang berinovasi mengolah ubi menjadi kerupuk yang memiliki cita rasa yang tak kalah enak dengan kerupuk lainnya.

SEKAR PEMATANG PULAI

Selanjutnya Kelompok UMKM Sekar Pematang Pulai bergerak dibidang kerajinan tangan yaitu pembuatan sapu lidi dari daun kelapa sawit. Sapu lidi mempunyai banyak manfaat, salah satu manfaatnya yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari misalnya dalam kebutuhan rumah tangga, perkantoran atau petugas kebersihan. 

Sapu lidi yang biasa digunakan untuk alat kebersihan yaitu dari lidi pelepah pohon sawit, lidi pelepah kelapa atau bisa juga dengan lidi aren, namun kebanyakan orang menggunakan lidi pelepah sawit dan lidi kelapa.
Proses pembuatan sapu lidi

PUTRI KEMBAR

Kelompok UMKM Putri Kembar bergerak dibidang makanan yaitu keripik ubi. Keripik ubi adalah makanan yang terbuat dari ubi jalar yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan tepung yang telah dibumbui. Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih. (S24-AsenkLeeSaragih)

Galeri Foto Reses Elviana di Desa Teluk Rendah Ulu Pinggir Sungai di Tebo 













Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama