. SMAN 6 Kota Jambi Gelar Upacara Dirgahayu Ke 67 Provinsi Jambi

SMAN 6 Kota Jambi Gelar Upacara Dirgahayu Ke 67 Provinsi Jambi

Paskibra SMAN 6 Kota Jambi Saat Upacara HUT Provinsi Jambi 67 Tahun 2024, Sabtu (6/1/2024). (Foto:Istimewa)

Jambi, S24-Sekolah SMAN 6 Kota Jambi menggelar Upacara Bendera memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 67 Pemerintah Provinsi Jambi, Sabtu 6 Januari 2024. Kepada Sekolah SMAN 6 Kota Jambi Robinson Hutapea SPd bertindak sebaga Inspektur Upacara dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Efendi membacakan Naskah Deklarasi Badan Kongres Rakyat Jambi.

Naskah Deklarasi Badan Kongres Rakyat Jambi yakni tentang Sidang Pleno Badan Kongres Rakyat Jambi yang diadakan pada tanggal 5 Januari 1957, setelah mendengar laporan dari Ketua Badan Kongres Rakyat Jambi dalam melaksanakan beleidnya.

Sesuai dengan keputusan rapat bersama antara Badan Harian Kongres Rakyat Jambi dengan DPD-DPD, Ketua-Ketua DPR Kabupaten Batanghari, Merangin, Kota Besar Jambi, Residen Jambi, Bupati Batanghari dan merangin dan Walikota Jambi, pada tanggal 21 Desember 1956, putusan tersebut dapat diterima sebagai langkah pertama. 

Upacara HUT Provinsi Jambi di SMAN 6 Kota Jambi berjalan dengan hikmat. Siswa dan guru-guru mengenakan pakaian Melayu Jambi.

Paripurna HUT Provinsi Jambi

Sementara Gubernur Jambi Al Haris pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Provinsi Jambi di Gedung DPRD Provinsi Jambi, Sabtu (6/1/2024) memaparkan isu-isu aktual di Provinsi Jambi yang menjadi fokus kebijakan daerah saat ini.
Gubernur Jambi Al Haris .
Menurut Gubernur Jambi Al Haris, isu aktual itu diantaranya pembangunan jalan khusus batu bara. Kini jalan khusus batu bara belum terkoneksi dari mulut tambang menuju ke outlet distribusi. Seiring tingginya kuota produksi yang berpengaruh pada tingkat kenyamanan berlalu lintas dan aktivitas logistik barang dan jasa yang terganggu.

“Berbagai kebijakan telah dilaksanakan, dan terakhir di Januari 2024 ini telah diterbitkan Instruksi Gubernur Jambi tentang pengaturan lalu lintas angkutan batu bara. Juga progres pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung," ujarnya.

Al Haris mengakui masih terkendala oleh tingginya sedimentasi dan abrasi pantai yang menjadikan dasar pemerintah pusat menunda alokasi program, termasuk di dalamnya adalah pembangunan jalan dan jembatan menuju Pelabuhan Ujung Jabung.

“Kita tak henti-hentinya mengusulkan kegiatan ini didanai oleh pemerintah pusat, namun hingga saat ini belum terakomodir dan menjadi perhatian,” ujarnya.

Selanjutnya, dalam menciptakan fungsi pelayanan antara pusat kegiatan prioritas yang satu diantaranya menghubungkan Kota Sengeti – Tungkal – Sabak (SENTUSA) sebagai hinterland Perkotaan Jambi yang telah ditetapkan sebagai pusat kegiatan nasional dalam RTRW Provinsi Jambi.

“Dan Kota Sengeti ke depan terus dipersiapkan sebagai secondary city (Kota lapis kedua) yang nantinya memiliki peran penting dalam menggerakkan ekonomi daerah,”

“Dengan SENTUSA, akan dipersiapkan outlet-outlet produksi dan distribusi yang nantinya sekaligus mengarahkan ke depan diarahkan pembangunan bandara baru, peningkatan akses ekonomi yang terkoneksi dengan outlet pelabuhan di pesisir timur Provinsi Jambi,” ucapnya.

Dikatakan, jika ini tereralisasi kata gubernur tentunya meningkatkan minat investor untuk menanamkan investasi yang berdampak pada peningkatan daya saing. Selain itu, bencana banjir di beberapa wilayah seperti Bungo, Tebo, Kerinci dan Kota Sungaipenuh yang tentunya menjadi evaluasi bersama

Dikatakan, guna mendorong percepatan upaya penanggulangannya sekaligus mempersiapkan rencana kerja ke depan bersama instansi terkait sesuai dengan kewenangannya.

“Kedepan, kami mengajak kita semua meningkatkan sinergi Pemerintah Provinsi Jambi bersama Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jambi, dunia usaha, akademisi, masyarakat dan peran media,” katanya.

“Selanjutnya, berkenaan dengan pelaksanaan Pemilu 2024, saya mengimbau dan mengajak kita semua untuk menciptakan Provinsi Jambi yang mampu memberikan suasana aman, kondusif dan damai,” pungkan Al Haris.

Jaksa Agung Hadir

Pada kesempatan itu, Jaksa Agung RI ST Burhanuddin menghadiri Sidang Paripurna HUT Provinsi Jambi ke-67 di Gedung DPRD Provinsi Jambi, Sabtu, (6/1/2024).
Jaksa Agung RI ST Burhanuddin .

Jaksa Agung yang telah mendapat gelar adat dari LAM Jambi bergelar "Datuk Sri Paduko Agung Mustiko Alam" itu mengawali sambutannya dengan berucap pantun dalam bahasa Melayu Jambi.

“Segalo nenek mamak, tuo tengganai, cerdik pandai, alim ulama. Kecik sakti gedang batuah, nan kecik idak kami sebut namo, nan gedang idak kami imbau gelarnyo,” kata Jaksa Agung disambut tepuk tangan tamu undangan.

Dalam sambutannya Burhanuddin menyampaikan rasa bangga dan terimakasih atas gelar adat Sri Paduko Agung Mustiko Alam yang dirinya dan Istri terima dari Lembaga Adat Melayu (LAM). "Saya akan berusaha memberikan yang terbaik untuk Provinsi Jambi,” katanya pada saat sambutan.

Lebih lanjut, Burhanuddin mengatakan, Provinsi Jambi genap berusia 67 tahun, ini merupakan hari yang bersejarah berdirinya Provinsi Jambi, Dirgahayu Provinsi Jambi. "Jambi menjadi peringat 1 di Sumatera menjadi Provinsi Jambi yang paling bahagia,” sebutnya.

Dia kemudian mengapresiasi pencapaian Gubernur Jambi dalam program Jambi Mantap yang telah dilihat bersama dalam tayangan video. "Khususnya di Pucuk Jambi Sembilan Lurah. Sekali lagi saya ucapakan Dirgahayu Provinsi Jambi ke-67, maju, melaju dan mantap,” tutupnya. (S24/AsenkLeeSaragih) 
Kepada Sekolah SMAN 6 Kota Jambi Robinson Hutapea SPd. SMAN 6 Kota Jambi Gelar Upacara HUT Provinsi Jambi 67 Tahun 2024.

SMAN 6 Kota Jambi Gelar Upacara HUT Provinsi Jambi 67 Tahun 2024.

SMAN 6 Kota Jambi Gelar Upacara HUT Provinsi Jambi 67 Tahun 2024.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Efendi . SMAN 6 Kota Jambi Gelar Upacara HUT Provinsi Jambi 67 Tahun 2024.

Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama