. Pulau Sumatera Bakal Dimekarkan Menjadi 23 Provinsi, Ada Provinsi Toba Raya dan Provinsi Tapanuli

Pulau Sumatera Bakal Dimekarkan Menjadi 23 Provinsi, Ada Provinsi Toba Raya dan Provinsi Tapanuli

Pulau Sumatera.

Jambi, S24- Pulau Sumatera yang saat ini terbagi menjadi 10 Provinsi, akan dimekarkan menjadi 23 provinsi. Sebanyak 23 provinsi penambahan ini sudah diusulkan agar segera dimekarkan. Kedepan misalnya 23 provinsi disetujui, tentu semakin menambah banyak Provinsi di Pulau Sumatera.

Berikut 23 Provinsi baru di Pulau Sumatera dan bakal ibukotanya yang sudah diusulkan:

1. Provinsi Aceh Barat Selatan

Provinsi Aceh Barat Selatan ini merupakan pemekaran dari Provinsi Aceh. Wilayah Provinsi Aceh Barat Selatan antara lain, Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Nagan Jaya, Kabupaten Aceh Barat Daya, Kabupaten Simeulue, Kabupaten Aceh Selatan. Rencananya pusat ibukota Provinsi Aceh Barat Selatan di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

2. Provinsi Aceh Leuser Antara

Pemekaran kedua dari Provinsi Aceh adalah Provinsi Aceh Leuser Antara. Wilayah Provinsi Aceh Leuser Antara yang bakal bergabung yakni, Kabupaten Meriah, Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Gayo Lues, Kabupaten Aceh Tenggara, Kota Subulusalam, Kabupaten Aceh Singkil. Rencananya pusat ibukota Provinsi Aceh Leuser Antara di Kota Subulusalam.

3. Provinsi Samudera Pase

Pemekaran ketiga dari Provinsi Aceh adalah Provinnsi Samudera Pase. Wilayah Provinsi Samudera Pase antara lain, Kabupaten Bireuen, Kota Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Utara, Kabupaten Aceh Timur, Kabupaten Langsa, Kabupaten Aceh Tamiang. Rencananya pusat ibukota Provinsi Samudera Pase di Kota Lhokseumawe.

4. Provinsi Toba Raya

Pemekaran selanjutnya dari Provinsi Sumatera Utara yaitu Provinsi Toba Raya. Wilayah yang bakal masuk ke Provinsi Toba Raya antara lain, Kabupaten Karo, Kota Pematangsiantar, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Dairi, Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Toba. Rencananya ibukota Provinsi Toba Raya di Kota Pematangsiantar

5.Provinsi Tapanuli

Pemekaran Provinsi di Sumatera Utara selanjutnya adalah Provinsi Tapanuli. Wilayah Provinsi Tapanuli antara lain, Kabupaten Samosir, Kabupaten Toba, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Tapanuli Utara dan Kota Sibolga. Untuk Ibukota Provinsi Tapanuli rencananya di Kota Sibolga.

6. Provinsi Sumatera Timur

Pemekaran Provinsi di Pulau Sumatera selanjutnya Provinsi Sumatera Timur. Untuk wilayah Provinsi Sumatera Timur meliputi, Kabupaten Batu Bara, Kota Tanjung Balai, Kabupaten Asahan, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Kabupaten Labuhanbatu, Kabupaten Labubanbatu Selatan. Rencananya ibukota Provinsi Sumatera Timur di Kota Tanjung Balai.

7. Provinsi Sumatera Tenggara

Pemekaran Provinsi Sumatera Utara selanjutnya adalah Provinsi Sumatera Tenggara. Untuk wilayah Provinsi Sumatera Tenggara meliputi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kota Padang Sidempuan, Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten Padang Lawas Utara, Kabupaten Mandailing Natal. Untuk Ibukota Provinsi Sumatera Tenggara rencananya di Kota Padang Sidempuan.

8. Provinsi Kepulauan Nias

Pemekaran selanjutnya daru Provinsi Sumatera Utara adalah Provinsi Kepulauan Nias. Untuk wilayah Provinsi Kepulauan Nias terdiri dari, Kabupaten Nias Utara, Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Selatan. Untuk ibukotanya rencananya di Kota Gunung Sitoli.

9. Provinsi Riau Pesisir

Pemekaran di Pulau Sumatera dari Provinsi Riau yakni, Provinsi Riau Pesisir. Untuk wilayah Provinsi Riau Pesisir meliputi, Kabupaten Rokan Hilir, Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kota Duri, Kabupaten Siak. Untuk ibukota Provinsi Riau Pesisir di Kota Dumai.

10. Provinsi Indragiri

Pemekaran di Pulau Sumatera selanjutnya Provinsi indragiri dari pemekaran Provinsi Riau. Untuk wilayah Provinsi Indragiri meliputi, Kabupaten Indragiri Utara, Kabupaten Indragiri Hilir, Kota Tembilahan, Kabupaten Indragiri Selatan, Kabupaten Indragiri Utara. Direncanakan Ibukota Provinsi Indragiri di Kota Tembilahan.

11. Provinsi Kepuluan Riau Barat

Pemekaran dari Provinsi di Sumatera selanjutnya Provinsi Kepulauan Riau Barat dari pemekaran Provinsi Kepri. Untuk wilayah Provinsi Kepuluan Riau Barat meliputi Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Kepulauan Kundur, Kabupaten Karimun, Kota Batam, Kabupaten Kepulauan Batam. Untuk ibukotan Provinsi Kepuluan Riau Barat di Kota Batam.

12 Provinsi Natuna Anambas

Pemekaran di Pulau Sumatera selanjutnya Provinsi Natuna Anambas dari Kepulauan Provinsi Kepuluan Riau. Untuk wilayah Provinsi Natuna Anambas meliputi, Kabupaten Natuna, Kabupaten Natuna Barat,  Kabupaten Natuna Selatan,  Kabupaten Natuna Anambas dan  Kabupaten Kepulauan Anambas Utara. Untuk Ibukota Provinsi  Natuna Anmbas rencananya di Kabupaten Natuna.

13. Provinsi Sumatera Tengah

Pemekaran Provinsi Sumatera Tengah merupakan gabungan sebagian dari Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Riau. Untuk wilayah yang masuk Provinsi Sumatera Tengah antara lain, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Dharmasraya, Kota Pulau Punjung dan Kabupaten Solok Selatan. Rencananya Ibukota Provinsi Sumatera Tengah di Kota Pulau Punjung.

14. Provinsi Jambi Barat

Pemekaran selanjutnya dari Provinsi Jambi yakni Provinsi Jambi Barat. Untuk wilayah Provinsi Jambi Barat meliputi, Kabupatan Sarolangun, Kabupaten Merangin, Kabupaten Tebo, Kabupaten Bungo, Kabupaten Kerinci, Kota Sungaipenuh. Untuk Ibukota Provinsi Jambi Barat rencananya di Kota Sungaipenuh.

15. Provinsi Kepulauan Mentawai

Pemekaran di Pulau Suamtera selanjutnya Provinsi Kepulauan Mentawai dari pemekaran Provinsi Sumatera Barat. Untuk wilayah Provinsi Kepulauan Mentawai meliputi, Kabupaten Siberut Utara, Kabupaten Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Pagai, Kabupaten Mentawai dan Kota Tua Pejat. Untuk Ibukota Provinsi Kepulauan Mentawai Menrencananya di Kota Tua Pejat.

16. Provinsi Puncak Andalas

Pemekaran Provinsi Puncak Andalas merupakan sebagian Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Bengkulu. Untuk wilayah Provinsi Puncak Andalas meliputi Kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Rena Indojati, Kabupaten Muko Muko, Kota Muko Muko. Untuk Ibukota Provinsi Puncak Andalas rencananya di Kota Muko Muko

17. Provinsi lembah Pesisir

Pemekaran Provinsii Lembah Pesisir merupakan pemekaran dari Provinsi Bengkulu. Untuk wilayah Provinsi Lembah Pesisir meliputi Kabupaten Lebong, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Rejang Lebong, Kota Curup, Kabupaten Kepahiang. Untuk ibukota Provinsi Lembah Pesisir rencananya di Kota Curup

18. Provinsi Palapa Selatan

Pemekaran selanjutnya di Pulaua Sumatera adalah Provinsi Palapa Selatan. Provinsi ini gabungan sebagai dari Sumatera Selatan dan Bengkulu. Untuk wilayah Provinsi Palapa Selatan meliputi Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Lahat, Kota Pagaralam, Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Kaur. Untuk Ibukota Provinsi Palapa Selatan di Kota Pagaralam.

19. Provinsi Sumatera Selatan Barat

Pemekaran baru di Pulau Sumatera adalah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Barat dari pemekaran Provinsi Sumsel. Untuk wilayah Provinsi Sumsel Barat meliputi, Kabupaten Musi Rawas Utara, Kabupaten Musi Rawas, Kota Pagaralam, Kabupaten Pali, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Lahat, Kabupaten Empat Lawang, Kota Lubuk Linggau. Provinsi Sumsel Barat rencana ibukota di Kota Lubuk Linggau. 

20. Provinsi Ogan Komering Enim

Pemekaran baru lainya di Sumsel adalah Provinsi Ogan Komering Enim. Wilayah Provinsi Ogan Komering Enim meliputi, Kabupaten OKI,  Kabupaten Ogan Ilir, Kota Prabumulih, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten OKU, Kabupaten OKU Timur, Kabupaten OKU Selatan. Ibukota Provinsi Ogan Komering Enim rencananya di Kota Prabumulih

21. Provinsi Lampung Utara 

Pemekaran selanjutnya di Pulau Sumatera adalah Provinsi Lampung Utara. Provinsi Lampung Utara ini merupakan bagian pemekaran dari Provinsi Lampung. Untuk wilayahnya meliputi Kabupaten, Mesuji, Tulang Bawang, Way Kanan, Tulang Bawang Barat, Lampung Barat, Lampung Utara dan Pesisir Barat. Untuk ibukota Provinsi Lampung Utara rencananya di Kabupaten Lampung Utara.

22. Provinsi Lampung Selatan

Pemekaran selanjutnya di Pulau Sumatera adalah Provinsi Lampung Selatan yang merupakan pemekaran dari Provinsi Lampung. Untuk wilayah Provinsi Lampung Selatan meliputi: Kabupaten Pesawaran, Pringsewu, Kota Pringsewu, Tanggamus, Tanggamus Utara dan Tanggamus Selatan. Untuk ibukota Provinsi Lampung Selatan di Kota Pringsewu.


23. Provinsi Lampung Tengah

Pemekaran selanjutnya di Pulau Sumatera adalah Provinsi Lampung Tengah yang merupakan pemekaran darii Provinsi Lampung. Untuk wilayah Provinsi Lampung Tengah meliputi Kabupaten Lampung Timur, Kota Sukadana, Lampung Tenggara, Kota Metro dan Kabupaten Melinting. Untuk ibukota Provinsi Lampung Tengah adalah Kota Sukadana.

Itulah informasi pemekaran 23 Provinsi di Pulau Sumatera yang dilihat dari Channel YouTube Atlantis People pada Senin, 06 Mei 2024. (S24-Red)

Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama