. Bawaslu Kabupaten Tapanuli Utara Provinsi Sumatera Utara Ajak Masyarakat Ikut Awasi Pemilu

Bawaslu Kabupaten Tapanuli Utara Provinsi Sumatera Utara Ajak Masyarakat Ikut Awasi Pemilu


Tarutung, S24 - Bawaslu Kabupaten Tapanuli Utara Provinsi Sumatera Utara melaksanakan sosialisasi pembinaan dan penguatan Bawaslu yang dilaksanakan di Aula Hotel Hosea Sipoholon (8/2/2024).

Kegiatan sosialisasi itu dibuka Ketua Bawaslu Kabupaten Tapanuli Utara, Kopman Pasaribu. Kopman menyampaikan beberapa hal antara lain menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mengawasi setiap tahapan Pemilu.

"Kami berharap masyarakat ikut mengawasi setiap tahapan Pemilu bersama - sama dengan Bawaslu. Dan apabila menemukan pelanggaran Pemilu terjadi di daerah kita, mohon untuk melaporkan. Kami dari Bawaslu akan menindak setiap pelanggaran Pemilu yang tidak sesuai ketentuan Undang-Undang. Seperti motto kami sebagai pengawas Pemilu yaitu cegah, awasi dan tindak," ujar Kopman.

Selain pelanggaran dilakukan pihak lain, dia juga meminta masyarakat melaporkan apabila ada jajaran Bawaslu Taput yang melakukan pelanggaran atau bekerja di luar ketentuan atau peraturan.

"Maka dari itu apabila ada masyarakat melihat jajaran kami yang melakukan Tupoksinya sebagai pengawas Pemilu tidak sesuai perundang-undangan, mohon untuk melaporkan ke kami. Kami akan menindak tegas jajaran kami yang melakukan tugas yang tidak sesuai peraturan," tegasnya.

Dalam kegiatan sosialisasi itu, Bawaslu mengundang narasumber juga memberi pemaparan kepada para peserta, narasumber yang diundang adalah dari Kejaksaan Negeri Tapanuli Utara yang di wakili oleh Dicky J.H, SH dari Jaksa Fungsional Bidang Intelijen.

Materi yang dipaparkan pada kegiatan sosialisasi itu tentang peraturan terkait pelanggaran Pemilu. Setelah pemaparan selesai, kegiatan dilanjutkan tanya jawab dengan para peserta.

"Harapan kami setelah dilaksanakannya sosialisasi ini, masyarakat akan mendukung Bawaslu dalam menjalankan Tupoksi sebagai pengawas Pemilu. Kami berharap mayarakat tidak ada yang melakukan money politics. Mari kita mentaati setiap peraturan yang ada, apabila ada para peserta yang hadir saat ini melihat ada ASN yang tidak netral, jangan pernah takut untuk melaporkannya kepada Bawaslu Tapanuli Utara, " ujar Kopman saat menutup sosialisasi itu.

Acara sosialisasi pembinaan dan penguatan Bawaslu itu dihadiri dari unsur masyarakat, organisasi kepemudaan dan tokoh masyarakat. (S24/FS)

Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama