. Tempat Wisata di Kota Jambi yang Paling Hits dan Menarik Dikunjungi

Tempat Wisata di Kota Jambi yang Paling Hits dan Menarik Dikunjungi


(Matra, Jambi)-Kota Jambi merupakan Ibukota Provinsi Jambi.  Kota Jambi terletak di Sumatera Bagian Tengah ini merupakan salah satu kota yang amat berkembang pesat di Pulau Sumatera.

Kota ini yang dilalui oleh sebuah sungai terpanjang di Sumatera yaitu Sungai Batanghari. Ternyata kota ini memiliki tempat-tempat indah yang dapat Anda kunjungi.
 

Keragaman budaya, kuliner dan keramahan penduduk di propinsi teraman di Indonesia ini akan membuat perjalanan wisata Anda di kota ini terasa nyaman.


Apa saja tempat-tempat wisata di Tanah Sepilih Pusako Betuah ini, berikut Bang Mamad ajak Anda untuk melihat tempat-tempat indah di kota Jambi.


1. Liburan Seru di Jambi Paradise


Jambi Paradise merupakan salah satu tempat wisata paling hits di Jambi saat ini. Wisata ini cukup menghibur masyarakat Jambi yang memang sangat minim objek wisata yang menarik.


Jambi menyuguhkan pemandangan indah dan wahana wisata amat menarik. Beragam faslitas dan wahana permainan di objek wisata yang hanya berjarak sekitar 7 kilometer dari Bandara Sultan Thaha ini.

Jambi Paradise terletak di Simpang Acai, kawasan Palmerah Kota Jambi. Harga tiket masuk ke Jambi Paradise adalah 20 ribu rupiah dengan bonus satu bungkus makanan yang dapat Anda bagikan ke ikan yang terdapat di kolam.

Hal menarik yang dapat Anda lakukan di tempat ini adalah berfoto dengan latar yang amat cantik, bermain playing fox, memasuki labirin yang amat cantik, berkelililng danau buatan dengan perahu, memberi makan ribuan ikan serta menikmati beragam kuliner yang dapat menggugah selera.

Nah, tempat ini sangat recomended bagi Anda yang sedang berkunjung ke Jambi dan mencari tempat rekreasi yang cukup nyaman dan bersih.


2. Wisata Sejarah Candi Muaro Jambi


Hal yang tak boleh terlewat adalah mengunjungi komplek percandian terluas di Asia Tenggara ini. Candi yang terletak di Desa Muaro Jambi Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muar Jambi ini adalah salah satu tempat wisata yang amat populer di Jambi.

Letaknya hanya sekitar 26 kilometer dari pusat Kota Jambi dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Di area seluas 12 kilometer persegi Candi yang dikaitkan dengan kerajaan Sriwijaya ini terbentang luas dan amat menarik untuk Anda kunjungi.

Untuk memasuki Candi ini Anda hanya membayar Rp5.000,- untuk dewasa dan Rp2.000,- untuk anak-anak. Tempat ini dilengkapi berbagai fasilitas seperti becak, sepeda yang disewakan, tikar, tempat duduk, toilet, museum dan mushola. Keindahan Candi ini akan memberikan suasana liburan Anda di Jambi yang berbeda.


3. Eksotisme Jembatan Gentala Arasy

 
Tak kalah hitsnya dengan Jambi Paradise, Jembatan Pedestarian Gentala Arasy yang merupakan kebanggan masyarakat Jambi.

Jembatan Pedestarian yang dibangun dengan dana sekitar Rp 77 miliar ini menjadi salah satu landmark Kota Jambi yang amat terkenal.

Dengan desain yang melengkung bak huruf "S" jembatan ini menawarkan panorama sungai Batanghari yang amat mempesona.

Dari atas jembatan ini Anda dapat memandangi keindahan matahari terbenam di ufuk barat. Lokasi jembatan ini berada di pusat perekonomian Kota Jambi. Berdampingan dengan beberapa mall, kawasan pasar dan tempat nongkrong terbaik di kota Jambi.

Sangat disayangkan, keindahannya agak sedikit terganggu karena adanya para pedagang yang menjual barang dagangan di depan pintu masuk jembatan yang terhubung dengan museum gentala Arasy ini.

4. Kuliner Tanggo Rajo Jambi

Di bawah jembatan Gentala Arasy terdapat sebuah tempat nongkrong yang amat menarik untuk Anda kunjungi. Beragam jajanan khas tongkrongan tersedia di tempat ini. Mulai dari jagung bakar, aneka minuman, sate, dan jajanan lainnya yang dapat menggugah selera. Tempat terbaik jika Anda ingin menikmati malam di pinggiran sungai Batanghari.

5. Museum dan Menara Gentala Arasy


Di seberang jembatan Gentala Arasy terdapat sebuah menara dan museum yang rekreatif dan edukatif untuk Anda. Di museum ini tersimpan koleksi sejarah umat islam kota Jambi.

Dari Museum yang terletak di Seberang kota Jambi ini Anda dapat berjalan ke sanggar batik kota Jambi untuk belajar membatik Jambi. 

Tak jauh dari tempat ini Anda juga dapat mengunjungi objek wisata masjid putih yang bersejarah, keunikan bangunan rumah khas seberang dan landscape kota Jambi dari seberang yang tampak begitu elok.



6. Wisata Air Gelam Oasis


Bagi Anda yang mencari wisata air untuk rekreasi bersama keluarga. Gelam Oasis adalah salah satu tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di Jambi. 


Berbagai wahana tersedia di tempat yang memiliki luas lahan 5 hektare ini seperti flying fox, kolam berenang, wisata air, dan lainnya.
Gelam Oasis Resort yang terletak di Jalan Petaling Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.


Tak jauh dari pusat kota Jambi. Hanya sekitar 30 menit perjalanan darat dari pusat kota Jambi.


Untuk memasuki wisata yang awalnya restoran ini, Anda diharuskan membayar tiket masuk Rp30.000 per orang pada biasa. Sementara untuk hari Minggu atau hari libur nasional tarifnya Rp 35.000 per orang.


Tiket tersebut hanya untuk berenang, jika Anda ingin menikmati wahana lainnya Anda diharuskan membayar biaya tambahan. Untuk bermain flying fox Anda dikenakan tarif RP 75.000 per orang, wisata air seperti bebekan dan lainnya mulai Rp 10.000 hingga Rp 25.000.


Di tempat ini Anda juga dapat menyewa sebuah saung yang cukup nyaman dengan harga sewa Rp50.000,-. Pesona keindahan tempat hanya pada wahana dan makanannya saja tapi pemandangan tempat ini begitu luar biasa.



7. Masjid Agung Al-Falah


Tak lengkap rasanya jika Anda tak berkunjung ke objek wisata religi yang satu ini. Masjid Agung Al-Falah atau yang akrab dikenal masyarakat jambi masjid Agung Seribu Tiang ini merupakan salah satu masjid unik yang ada di Indonesia.


Masjid ini terletak Jl. Sultan Thaha, Beringin, Telanaipura kota Jambi ini berjarak sekitar 500 meter dari Jembatan Gentala Arasy.
Keunikan masjid ini adalah tidak memiliki dinding, hanya memiliki tiang yang banyak. Hal itu yang membuat masjid ini dijuluki seribu tiang, walaupun jumlah tiangnya tak benar-benar seribu.


Dengan keunikannya, masjid ini sangat layak untuk Anda jadikan persinggahan Anda di Kota Jambi.


8. Eksotisme Danau Sipin


Danau Sipin adalah danau terindah yang berada di tengah kota Jambi. Danau ini terletak di Jl. Ade irma Suryani Nasution, Telanai Pura, Kota Jambi ini memiliki panorama indah di kala senja.


Ragam aktivitas nelayan, hijaunya pepohonan dan hembusan angin membuat Anda betah berlama-lama menikmati keindahan danau ini.
Apalagi Anda dapat melakukan aktivitas mengelilingi danau dengan menggunakan sampan, memancing atau hanya sekedar bersantai menikmati danau yang ada di tengah danau ini.


9. Jembatan Batang Hari 2



Salah satu tempat yang indah lainnya adalah jembatan Batanghari 2 yang membentang membelah matahari. Jembatan sepanjang 1.354,4 meter ini dibangun pada tahun 2003 silam yang menghubungkan kota Jambi dengan kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur.


10. Taman Rimba Jambi



Bagi Anda yang ingin berwisara edukasi taman rimba Jambi adalah tempat yang tepat bagi Anda. Taman yang berada amat dekat dengan Bandara Sulthan Thaha ini adalah satu-satunya kebun binatang di propinsi Jambi.


Taman Rimba Jambi ini terletak di kelurahan Talang Bakung Kecamatan Jambi Selatan dan memiliki luas sekitar 18 hektare.


Beragam koleksi satwa terdapat di kebun binatang ini seperti harimau, gajah, siamang, orangutan, burung-burung, dan beragam aneka satwa lainnya.


Selain itu di samping tempat ini juga terdapat Taman Mini Jambi yang menampilkan anjunga kabupaten dan kota yang ada di propinsi Jambi. Untuk masuk ke Taman Rimba ini kamu dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000 untuk dewasa dan Rp. 3.000 untuk anak-anak.


11. Rekreasi Asyik di Kampoeng Radja



Kampoeng Radja Jambi adalah salah satu wahana rekreasi keluarga yag ramai dikunjungi di Jambi. Objek wisata yang terletak di Jln. Lingkar Barat. No. 108 Kenali Besar. Simp. Rimbo Jambi ini memiliki berbagi wahana permainan yang dapat menghibur Anda.


Kampoeng Radja mulai dibuka untuk umum (soft opening) tanggal 1 April 2006. Setiap tahunnya selalu ada penambahan wahana baru di area objek wisata ini.


Berbagai wahana dan fasilitas di tempat in dapat Anda jadikan pilihan untuk mengisi waktu libur Anda di Jambi. Objek wisata ini memiliki berbagai wahana seperti kolam renang, playing fox dan outbond arena, mobil golf, water park, bebek air, area pancing, dan beragam wahana lainnya.


Selain itu terdapat fasilitas yang menunjang kegiatan wisata Anda di tempat ini. Toilet, mushola, dan restoran dapat membuat Anda nyaman berada di tempat ini.


Untuk memasuki objek wisata ini Anda hanya membayar Rp40.000,-. Anda dapat menikmati beragam Wahana di tempat ini kecuali paint ball yang mengenakan biaya tambahn untuk Anda.


12. Waterpark World of Water Citra Raya City



Salah satu tempat wisata air lainnya adalah Waterpark World of Water Citra Raya City yang terletak di Desa Mendalo Indah Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi.


Beragam wahana permainan air tersedia di tempat ini seperti kolam renang, kolam arus, kolam luncur, dan kolam anak. Tempat yang berdiri di atas lahan 7 hektare di tengah perumahan Citra Raya City ini akan membuat kegiatan berwisata Anda menjadi menarik.


Apalagi tempatnya amat bersih dan nyaman dengan beragam fasiltas penunjang yang ada. Harga tiket masuk World Of Water (WOW) Jambi adalah Rp40.000,- untuk hari Senin sampai Jumat dan di akhir pekan Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional menjadi Rp60.000,-.


13. Mencicipi Kuliner Pempek Selamat




Kuliner Jambi memang tak kalah menggoyang lidah dibanding tempat-tempat lainnya. Banyak tempat-tempat makan di Jambi yang menawarkan makanan khas ala Jambi.


Salah satunya Pempek Selamat, outlet yang menjual pempek khas Jambi. Di tempat ini Anda dapat mencicipi ragam pempek yang mempunyai citarasa yang sangat enak.


Selain makan di tempat ini Anda dapat menjadikannya sebagai oleh-oleh yang akan di bawa pulang. Saat ini Pempek Selamat mempunyai beberapa outlet yang tersebar di 3 kota di pulau Sumatera yaitu Jambi, Palembang dan Lampung.


14. Menginap di Hotel Tepian Ratu Jambi


Salah satu hotel yang memiliki fasilitas dan pemandangan yang indah adalah hotel ratu dan resort Jambi. Hotel ini terletak di Letkol Slamet Riyadi, Legok, Broni Jambi.

Dengan konsep klasik, hotel ini merupakan salah satu penginapan yang amat nyaman di Jambi dengan harga sewa kamar yang tak terlalu mahal. Pemandangan danau yang ada di belakang hotel ini membuat suasana pagi dan senja dari hotel ini terasa begitu indah.

Selain itu terdapat kolam renang yang dapat memanjakan Anda di tempat ini. Ada juga cafe, bar, aula, dan beragam fasilitas lainnya.


15. Wisata Edukatif Taman Anggrek Jambi



Taman Anggrek yang bernama Taman Anggrek Prof. Sri Soedewi Jambi ini berada di Telanai Pura. Tepat berada di seberang kantor Gubernur dan DPRD propinsi Jambi. Taman ini memiliki beraga koleksi anggrek dari hutan-hutan yang ada di Jambi dan Indonesia.

Suasana teduh dan keindahan bunga-bunga yang ada di tempat ini akan membuat Anda merasakan suasana yang begitu nyaman. Untuk masuk ke tempat in Anda harus merogoh kocek sebesar Rp3.000,-.


16. Hutan Pinus Jambi



Salah satu tempat hits di Jambi adalah kawasan hutan pinus yang terdapat di perbatasan kota Jambi dan Muaro Jambi. Taman yang memiliki taman Hutan Kenali ini merupakan tempat yang kerap dijadikan latar foto di sosial media.


Taman seluas 10,5 hektare di jalan Kenali Asam Bawah, Pondok Meja, kilometer 11 ini memiliki suasana yang amat teduh dengan jejeran pinus yang amat cantik. Untuk masuk ke tempat ini Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp5.000,-.


17. Berburu Oleh-Oleh Kas Jambi Ada beberapa tempat bagi Anda yang ingin berburu oleh-oleh khas Jambi. Namun dua tempat ini sangat recomended bagi Anda mencari sesuatu yang benar-benar khas Jambi .


Rengke Jambi



Tempat ini merupakan sala satu tempat berburu souvenir dan kerajinan khas suku anak dalam. Beragam souvenir unik yang dijual tak begitu mahal merupakan produk buatan suku anak dalam yang ada di propinsi Jambi.


Rengke beralamatkan di Jalan Sunan Gunung Jati Lrg. Mutiara Blok A.2 RT. 19 Kelurahan Kenali Asam Bawah Kota Baru, Kota Jambi. Kerajinan unik tersebut dapat menjadi oleh-oleh berkesan bagi Anda sepulang dari Jambi.

Jakoz (Jambi Kaos)


Jakoz adalah tempat Anda memilih beraga kaos yang berbumbu Jambi. Kaos-kaos dengan desain yang amat keren untuk Anda pakai dan jadikan oleh-oleh dari Jambi. Jambi Kaos (Jakoz) yang terletak di Kambang Telanaipura. Beragam cinderamata khas Jambi, seperti kaos, baju batik, sepatu batik, souvenir, miniatur hingga jajanan khas Jambi tersedia di tempat ini.

Tidak bingung lagi kan, di Jambi mau kemana?. Sesungguhnya setiap daerah mempunyai keindahan dan keunikan masing-masing. Begitu juga dengan Jambi guys. Selamat menikmati perjalanan. Tetap cintai dan jaga kebersihan lingkungan ya. (Matra/ Sumber: http://bangmamadi.blogspot.co.id)

Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama