. Perguruan Tinggi di Jambi Tak Boleh Berhenti Tingkatkan Kualitas, UIN STS Jambi Peringkat 20 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

Perguruan Tinggi di Jambi Tak Boleh Berhenti Tingkatkan Kualitas, UIN STS Jambi Peringkat 20 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH (kiri) didampingi Rektor UIN STS Jambi, Prof Dr Su'adi (dua dari kiri) pada Wisuda Sarjana ke-63 UIN STS Jambi di  kampus II UIN STS Jambi, Mendalo, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, Rabu, (27/7/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

(Matra, Jambi) – Perguruan tinggi di Provinsi Jambi tidak boleh berhenti melakukan berbagai inovasi  guna meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan lulusan memasuki dunia kerja. Peningkatan kualitas tersebut perlu terus diperjuangkan untuk mendukung pembangunan dan memajukan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jambi.  

“Selain itu, perguruan tinggi di Jambi juga harus tetap peka terhadap perkembangan teknologi dan pengetahuan agar bisa merebut peluang di era kemajuan zaman sekarang dan di masa mendatang,”kata Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH pada Wisuda Sarjana ke-63, Magister ke-36, Doktor ke-12 Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Syaifuddin (STS) Jambi di  kampus II UIN STS Jambi, Mendalo, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, Rabu, (27/7/2022).

Jumlah lulusan UIN STS Jambi yang diwisuda pada kesempatan tersebut mencapai 1.022 orang. Para wisudawan/wisudawati berasal dari program doktor sebanyak 13 orang dan pascasarjana (59 orang). Kemudian lulusan program sarjana atau strata 1 jurusan Syariah sebanyak 168 orang, Tarbiyah dan Keguruan (460 orang). 

Selain itu lulusan sarjana jurusan Ushuluddin Studi Agama (50 orang), Adab dan Humaniora (76 orang), Ekonomi dan Bisnis Islam sebanyak 140 orang, Dakwah (56 orang). Wisuda UIN STS Jambi tersebut turut dihadiri Wali Kota Jambi H Syarif Fasha.

Menurut Al Haris, kehidupan pada era modern sekarang semakin kompleks dan penuh tantangan. Masyarakat semakin terbuka dan kompetisi semakin tajam. Karena itu perguruan tinggi di Provinsi Jambi beserta seluruh jajaran pendidikan harus mampu menjawab tantangan tersebut. 

“Upaya yang dapat dilakukan menghadapi tantangan kemajuan zaman tersebut, yakni senantiasa berupaya meningkatkan mutu, program pendidikan yang berkualitas dan berkelanjutan serta terus berupaya melakukan inovasi maupun terobosan ilmiah. Hal itu penting agar perguruan tinggi dapat memberikan konribusi bagi pembangunan daerah dan masyarakat Provinsi Jambi,”katanya.

Al Haris mengatakan, para wisudawan UIN STS Jambi harus mampu berkompetisi dan bersaing dengan baik di dunia kerja. Selain itu para wisudawan UIN STS Jambi juga diharapkan mampu bergerak dinamis, inovatif dan kreatif menghadapi kometisi di dunia kerja. Para wisudawan atau lulusan UIN STS Jambi juga harus mampu menciptakan lapangan kerja maupun berwirausaha. 

“Ijazah dan pengetahuan teoretis bukanlah jaminan untuk dapat memperoleh pekerjaan atau membuka usaha dengan mudah. Perkembangan era revolusi industri 4.0 mengakibatkan pergeseran pada sektor lapangan kerja, sehingga dibutuhkan inivasi dan kreativitas untuk meraih peluang usaha atau kerja,”ujarnya.

Dikatakan, di era kemajuan teknologi dan informasi saat ini, semua dituntut untuk peka dan sigap terhadap beragam kemampuan dan keahlian yang dibutuhkan dalam bekerja. Para wisudawan harus mampu menangkap peluang dengan baik, peka terhadap kebutuhan pasar nasional maupun global serta terus mengasah ilmu dan kemampuan. 

“Setelah diwisuda, para wisudawan akan menjadi pelajar di univesitas kehidupan dan menjadi intelektual yang benar-benar mampu menjunjung tinggi moralitas dan menghargai keberagaman sosial,”tambahnya.
Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH (kiri) menyampaikan harapan-harapan kepada civitas akademika dan wisudawan pada Wisuda Sarjana ke-63 UIN STS Jambi di  kampus II UIN STS Jambi, Mendalo, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, Rabu, (27/7/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

Pembelajaran Terintegrasi

Al Haris mengatakan, melalui penerapan pembelajaran yang transintegrasi, UIN STS Jambi akan mampu melahirkan sumber daya manusia yang tidak hanya unggul dalam ilmu pengetahuan, namun sekaligus akan menjadi manusia yang memiliki jati diri dengan nilai-nilai agama dan identitas insan nusantara.

Menurut Al Haris, UIN STS Jambi telah mengikrarkan diri menjadi lokomotif dengan semangat untuk melaju kencang membawa perubahan dan berdampak nyata bagi kehidupan serta mampu mengantarkan para generasi bangsa menuju tujuan masing-masing dengan tepat. Namun UIN STS Jambi harus tetap berjalan diatas rel kehormatan ilmu pengetahuan yang berlandaskan pada nilai-nilai agama Islam yang lurus dan luhur.

“Saya memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada UIN STS Jambi yang telah berkontribusi dan berperan serta dalam upaya membangun sumber daya manusia yang unggul dan berkemajuan, sehingga bisa menjadi faktor penentu kemajuan bangsa,”katanya.

Al Haris lebih lanjut mengatakan, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) telah mencanangkan salah satu visi Indonesia 2045, yaitu Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Membangun sumber daya manusia yang unggul merupakan investasi dan persiapan untuk menghadapi masa depan dan melapangkan jalan menuju Indonesia maju.

Kesiapan tersebut, tambahnya, membutuhkan sinergitas dari semua pihak, baik pemerintah, para pemangku kebijakan, penyelenggara pendidikan hingga sumber daya manusia sendiri. Seluruh elemen bangsa tersebut harus bersedia bergerak bersama dan bersungguh-sungguh mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul, terampil dan menguasai ilmu pengetahuan sebagai aset pembangunan daerah serta nasional yang terus berkelanjutan.

“Saya berpesan kepada para wisudawan untuk bisa memanfaatkan semua potensi kekayaan daerah untuk terus berkarya, berpikiran maju, memiliki semangat leadership serta memberikan sumbangsih yang nyata bagi masyarakat,”ujarnya.

20 Terbaik

Sementara itu, Rektor UIN STS Jambi, Prof Dr Su'adi pada kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya melakukan banyak terobosan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan lulusan. Terobosan tersebut antara lain mengikuti pertemuan pendidikan internasional di Selandia Baru, 27 April 2022.

Pertemuan tersebut terkait dengan masuknya UIN STS Jambi pada peringkat 20 terbaik perguruan tinggi di Indonesia. UIN STS Jambi juga menjadi satu-satunya universitas terbaik di Indonesia yang berada di bawah naungan Kementerian Agama. 


Selain itu, lanjutnya, UIN STS Jambi dua tahun terakhir sudah masuk rangking Universitas Indonesia (UI) greenmetric (penentuan peringkat perguruan tinggi). Berdasarkan greenmetric tersebut, UIN Jambi yang sebelumnya berada pada ranking bawah kini masuk ranking 34 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. 

Dijelaskan, UIN STS Jambi juga sudah melakukan survei pendidikan di kalangan lulusan SMA dan sederajat di Jambi baru-baru ini. Berdasarkan survei tersebut, sekitar 63 % lulusan SMA dan sederajat menginginkan UIN STS Jambi membuka fakultas kedokteran.

Su'adi juga mengatakan, berdasarkan hasil survei tersebut ada lima program studi yang diinginkan oleh masyarakat Jambi. Kelima program studi tersebut, arsitektur, statistika, sains informasi, geografi, biologi dan hukum. Program pendidikan tersebut sudah kami persiapkan dan tinggal menunggu Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (Matra/AdeSM).

Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama