. Kadep Marturia HKBP Harapkan HKBP Medan Sudirman Bantu Zending Suku Anak Dalam Di Jambi Dan Pulau Rupat Riau

Kadep Marturia HKBP Harapkan HKBP Medan Sudirman Bantu Zending Suku Anak Dalam Di Jambi Dan Pulau Rupat Riau

Pdt Resort HKBP Medan Sudirman Pdt Ramses Manurung, S.Th didampingi Ketua Panitia Ir Sihol Situmorang, MM memotong kue.

Medan, S24
- Gereja HKBP Resort Medan Sudirman Distrik X Medan Aceh merayakan ulang tahun yang ke-111, Perayaan ini diawali dengan seremoni Ibadah dipimpin langsung Pdt Daniel Taruli Asi Harahap MTh, Kepala Departemen Marturia Kantor Pusat HKBP Pearaja Tarutung, Minggu (3/9/2023).

Pdt Daniel Harahap mengatakan, HKBP Medan Sudirman memestakan banyaknya berkat Tuhan dan 111 tahun perjalanan gereja. “Apa yang bisa dipersembahkan Medan Sudirman membantu pelayanan HKBP sebagai gereja yang mapan?” tanya Pdt Daniel.

Menurut Daniel, Kantor Pusat Pearaja tarutung  mengharapkan HKBP Medan Sudirman ikut membantu kegiatan pekabaran injil (Zending) kepada Suku Anak Dalam (SAD) yang ada di Provinsi Jambi dan di Pulau Rupat Riau. Kemudian membantu Diakonia HKBP dan Gereja Makedonia yang kondisinya memprihatinkan.

“Memberilah kita di dalam penyerahan diri kepada Allah. Apa gunanya jika kita suka memberi? Kita akan semakin dekat dengan Allah, karena Allah itu murah hati. Memberi adalah karakter Allah, maka semakin banyak memberi, semakin mirip kita dengan Allah,” ucap Kadep Marturan HKBP ini.

Maka kata Pdt Daniel, diajarkanlah saling memberi, karena itu adalah bagian dari suka cita. Menerima pemberian adalah hal yang lebih baik, lebih baik lagi jika memberi. 

Menurut Pdt Daniel bahwa menerima berkat akan membuat orang jadi gembira, tapi Firman Tuhan mengatakan, lebih besar lagi kegembiraan ketika seseorang mampu memberi, berkat akan bertambah, karena Tuhan sangat mengasihi orang yang suka memberi.

“Agar kita kaya dalam pelayanan kasih, lakukanlah pelayanan kasih. Umumnya definisi kaya adalah banyak harta, tapi Rasul Paulus mengatakan, orang percaya harus kaya iman tidak hanya kaya harta, rajin berdoa, kaya dalam Diakonia dan kaya di dalam pelayanan kasih. 

Sentralisasi keuangan yang dilakukan HKBP agar saling tolong-menolong, semua disatukan agar semua menikmati berkat dari pelayanan, agar jangan ada gereja yang besar sendiri dan gereja yang mati sendiri,” terangnya.

Dikatakannya, ada gereja yang harus dibantu dan gereja yang membantu, ada juga orang yang harus dibantu ada juga yang membantu. Kantor Pusat Pearaja Tarutung,HKBP punya daftar gereja-gereja yang patut dibantu. 

Selanjutnya dikatakan bahwa, “Gereja HKBP Medan Sudirman yang besar, apakah jadi gereja yang menerima bantuan atau gereja yang membantu?” ungkapnya seolah minta pendapat.

Dia juga mengajak gereja memprioritaskan anak-anak dan Naposobubulung (Remaja). Untuk itu perlu dibangun Sopo Godang Naposubulung. Karena para Naposobulung adalah jemaat HKBP masa mendatang.

“Inilah yang menjadi PR kita, memprioritaskan anak-anak, remaja dan Naposobulung karena merekalah masa depan HKBP,” ungkap suami dr Martha Siregar, Sp. KK ini.

Persembahan yang telah dikirimkan HKBP Medan Sudirman ke sentralisasi keuangan sejak Januari sampai Juli 2023 sebesar Rp 1.471.000.000. Daniel Harahap berharap HKBP Medan Sudirman memberi perhatian untuk pelayanan Suku Anak Dalam di Provinsi Jambi dan di Pulau Rupat Riau, sekolah-sekolah di sana perlu renovasi karena plafonnya banyak yang rusak.

“Sungguh memprihatinkan, perlu dukungan dana Rp 40-50 juta, saya berharap HKBP Medan Sudirman bisa memberi donasinya membantu Zending di Pulau Rupat Provinsi Riau,” cetusnya.

Pendeta Resort Medan Sudirman Pdt Ramses Manurung mengatakan pihaknya siap membantu misi zending itu. Dia berterima-kasih kepada seluruh jemaat yang sudah berpartisipasi menyukseskan kegembiraan perayaan Hari Ulang Tahun(HUT) gereja HKBP Medan Sudirman yang ke 111 tahun. 

Pdt Ramses Manurung juga setuju dengan apa yang dikhotbahkan Kadep Martuari HKBP Pdt Daniel Harahap, M.Th bahwa semua gereja HKBP harus jadi besar, ungkapnya.

“Lewat sentralisasi keuangan, HKBP Medan Sudirman harus memberi yang lebih supaya HKBP bisa besar di mana-mana. Apapun jenis kolekte yang sudah ditetapkan program sentralisasi semua dipenuhi HKBP Medan Sudirman, jika masih kurang akan dibicarakan kemudian, tapi gereja HKBP Medan Sudirman tidak mungkin kekurangan,” paparnya.

Ketua panitia Ir Sihol Situmorang MM berterima kasih atas peran serta panitia membuat HUT ke-111 HKBP Medan Sudirman berlangsung sangat meriah. 

Dituturkan Sihol mulai perayaan di hari pertama, Sabtu (2/9/2023) jalan sehat, senam zumba hingga pemeriksaan kesehatan yang dilayani dokter-dokter umum dan spesialis, dari kalangan jemaat HKBP Medan Sudirman. 

“Semua bisa dinikmati jemaat, seluruh wijk (sektor) dan gereja pagaran. Kami juga berterima-kasih kepada para donatur yang ikut berperan dalam kegiatan ulang tahun ini,” ungkap Sihol.

Sihol menuturkan untuk lebih memeriahkan acara panitia menyediakan berbagai hadiah (doorprize) : 2 unit sepeda motor Honda Scoopy, 2 unit sepeda Wimcycle,  3 unit sepeda lipat merek London Taxi, 1 unit AC merek Carrier, 1 unit kulkas  dua pintu merek LG.

Selanjutnya 2 unit TV merek Sharp ukuran 32 inc, 2 unit microwave, 2 unit air frier, 4 unit kompor gas, 8 unit rice cooker serta 20 paket dari PT Unilever dan 10 emas dengan berat masing - masing 1 gram. Intinya kita ingin jemaat bersama - sama merasakan semangat dan suka cita perayaan ini, ujarnya.

Dikatakan Sihol selain di dukung Jemaat HKBP Medan Sudirman, kegiatan ini juga mendapat dukungandari sejumlah lembaga keuangan seperti Bank Indonesia, Bank Sumut, BRI, BPR ada juga dukungan dari Dental Ladenta dan Clinic Tan21, ungkap Sihol.

Acara diisi dengan hiburan grup R and B dari Ibukota DKI Jakarta. Kemeriahan Perayaan 111 HKBP Medan Sudirman dilengkapi dengan acara tor - tor jemaat dari semua wijk. 

Tampak hadir James Maja Hutapea bersama istrinya Intan Panggabean, Dr RE Nainggolan, Dr Jonner Napitupulu, Sihar Panjaitan, Kepala BNN Provinsi Sumatera Utara Brigjen Pol Toga Panjaitan dan lainnya. (S24/Red/Fendi Sinabutar).

Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama