. Menyongsong Jubileum 100 Tahun HKBP Simarmata Panitia Mengadakan Berbagai Kegiatan

Menyongsong Jubileum 100 Tahun HKBP Simarmata Panitia Mengadakan Berbagai Kegiatan


Gereja HKBP Simarmata.

Jambi, S24- Sejarah munculnya Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) berakar dari tradisi kerohanian badan zending Rheinische Mission- gesellschaft (RMG). RMG ini merupakan salah satu organisasi missionaris terbesar di Jerman, yang didirikan pada tanggal 23 September 1828 Wupperthal-Barmen Jerman.

RGM pada dasarnya dijiwai oleh aliran Pietisme (gerakan kesalehan) di Jerman yang semangat memberitakan kabar baik (Injil) tentang Yesus Kristus sampai ke ujung bumi. Sementara di Indonesia khususnya di Tano Batak HKBP telah berkembang, bahkan sampai ke Luar Negeri.

Menurut data pos pelayanan di 32 Distrik pertambahan dan migrasi  penduduk HKBP yang tersebar hampir seluruh pelosok Tanah Air Indonesia bahkan ke Luar Negeri seperti Malaysia, Singapura dan Amerika Serikat ada sebanyak 3.658 gereja, dengan jumlah anggota lebih dari lima juta jiwa. 

HKBP yang berkantor pusat di Pearaja Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara Provinsi Sumatera Utara dipimpin oleh Ephorus dan dilayani oleh ribuan Pendeta, Guru Huria, Bibelvrow, Diakones, Evangelis dan Penatua (Sintua).

Salah satu Gereja HKBP yang tersebar tersebut adalah Gereja HKBP yang berada di Desa Simarmata Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara. Gereja HKBP Simarmata Ressort Simarmata Distrik VII Samosir berdiri sejak 16 Oktober 1923.

Lonceng Gereja (giring-giring) yang ada di Gereja HKBP Simarmata adalah bantuan Gereja Westfalen Jerman pada tahun 1963 melalui Pdt Dr Wilm ketika berkunjung ke Gereja HKBP Simarmata.

Bangunan lama Gereja HKBP Simarmata digunakan utk kegiatan Anak Sekolah Minggu.

Menyongsong 100 tahun Jubileum tepatnya 16 Oktober 2023 yang akan datang, berbagai kegiatan telah dilakukan diantaranya Pesta Pra Jubileum pada tahun 2022 dengan konsep 99 tahun HKBP Simarmata digabung dengan Pesta Gotilon. 

Pesta Perayaan Jubileum 100 tahun HKBP Simarmata mengambil Tema: “Allahku Engkau, aku hendak bersyukur kepada-Mu, Allahku, aku hendak meninggikan Engkau. Bersyukurlah kepada Tuhan, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya” (Mazmur 118: 28 -29).

Melalui Perayaan Jubileum 100 tahun HKBP Simarmata kiranya dapat memberikan harapan baru dan semangat baru bagi seluruh warga jemaat HKBP Simarmata, dalam menjalankan usaha pertanian, perikanan maupun usaha mikro yang digeluti warga jemaat.

Adapun sasaran utama kegiatan Pesta Perayaan 100 tahun HKBP Simarmata adalah Pembenahan Gereja Lama untuk dipergunakan sebagai Gedung Sekolah Minggu, direncanakan diresmikan Pucuk Pimpinan HKBP  dan Pengembangan pisik bangunan PAUD Palito HKBP Simarmata, memotong palas - palas gereja lama.

Selanjutnya membuat motif Rumah Batak di depan teras gereja baru, memindahkan gerbang gereja tepat ke depan pintu gereja baru, menambah satu unit kamar mandi di biduk parhobasan dan penataan halaman gereja dengan paving blok. 

Selanjutnya kegiatan seremoni Ibadah dan Doa Syukuran, Koor Gabungan, Kegiatan Diakonia (hiburan), Seminar, Bazar, Lomba dan Olahraga dan Pagelaran Budaya “Gondang Sabangunan”.

Maksud dan tujuan Jubileum 100 Tahun HKBP Simarmata adalah sebagai berikut: 1. Mensyukuri berkat Tuhan karena injil melalui para missionaris dan para pelayan gereja masuk di daerah Simarmata dan penyertaan Tuhan selama 100 tahun dalam lingkungan HKBP Simarmata, 2. Meningkatkan capability (kemampuan) dan iman (Spiritualitas) yang tangguh dan confessionist (mampu berhadapan dan menjawab segala tantangan pariwisata) bagi seluruh warga dari anak - anak, dewasa hingga lansia
Serta 3. Meningkatkan kemampuan (kompetensi), bekerjasama dengan semua satkeholder dalam mengoptimalisasi lahan pertanian dan pekarangan serta mengakses keuntungan pariwisata dengan peningkatan UMKM dan ekonomi warga.

Bangunan baru Gereja HKBP Simarmata Ressort Simarmata Distrik VII Samosir.

Untuk mensukseskan kegiatan Pesta Perayaan Jubileum 100 tahun Pendeta Ressort HKBP Simarmata Pdt Prapti Evarida Sihombing, S.Th menerbitkan Surat Keputusan (SK) Kepanitiaan. 

Adapun Surat Keputusan No: 12/DVII/07.07/SKK/PPJ/V/2022 dengan Susunan Panitia Ketua Umum Usman Simarmata, Sekretaris Hendro Sihaloho, Bendahara Binhot Pardosi dan seksi - seksi lainnya.

Untuk itu Panitia mengharapkan dukungan semua pihak baik doa, dana dan daya terutama kepada anak rantau untuk turut serta berpartisipasi mensukseskan Pesta Perayaan Jubileum 100 tahun HKBP Simarmata. 

Bagi perantau atau simpatisan yang ingin menyumbang Panitia membuat Nomor Rekening Kepanitiaan Jubileum 100 Tahun HKBP Simarmata 2082-01-007743-53-8 (BRI KCP Pangururan) a/n Panitia Jubileum HKBP Simarmata.

Acara puncak Perayaan Jubileum 100 tahun HKBP Simarmata diadakan pada hari Sabtu/Minggu, 21/22/Oktober 2023 dengan mengundang seluruh warga jemaat HKBP Ressort Simarmata dan Pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Samosir. Ibadah direncanakan langsung dipimpin Pucuk Pimpinan HKBP, tepatnya dalam acara puncak 22 Oktober 2023.

Pesta Perayaan Jubileum 100 tahun HKBP Simarmata yang menelan biaya sekitar Rp 400 juta lebih tersebut kiranya tepat sasarannya dan bangunan pisik yang dikerjakan sesuai dengan keinginan warga jemaat HKBP Simarmata yang telah diputuskan. (S24/Fendi Sinabutar).

Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama