. Paus Fransiskus Sampaikan Salam Kepada Masyarakat Tiongkok

Paus Fransiskus Sampaikan Salam Kepada Masyarakat Tiongkok

Paus Fransiskus bersama Kardinal John Tong Hon dan Uskup Agung Hongkong Steppen Chow.

Jambi, S24
- Paus Fransiskus mengirim salam ke Tiongkok dengan menyebut warganya sebagai orang yang "mulia" dan meminta umat Katolik di Tiongkok untuk menjadi Kristen yang baik dan warga negara yang baik.

Pimpinan Gereja Katolik yang ke 266 Paus Fransiskus menyampaikan komentar tanpa naskah itu pada akhir Misa di ibu kota Mongolia, Minggu (3/9/2023) dan meminta mantan uskup agung Hong Kong, Kardinal John Tong Hon dan Uskup Agung Stephen Chow, untuk mendukungnya saat dia berbicara.

“Kedua uskup bersaudara ini, emeritus Hong Kong dan uskup Hong Kong saat ini. Saya ingin memanfaatkan kehadiran mereka untuk menyampaikan salam hangat kepada rakyat Tiongkok yang mulia,” ujarnya dalam bahasa Italia dilansir dari Reuters.

“Saya mendoakan yang terbaik untuk seluruh rakyat (Tiongkok), maju, selalu maju. Dan kepada umat Katolik Tiongkok saya mohon menjadi umat Kristiani yang baik dan warga negara yang baik,” ujarnya.

Paus Fransiskus berbicara di akhir sebuah peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya di mana ia dan hampir seluruh penduduk Katolik di suatu negara berada di ruangan yang sama. Dalam perjalanannya ke Mongolia, yang berakhir pada hari Senin, ia mengunjungi komunitas Katolik yang hanya berjumlah 1.450 orang.

Pada hari Sabtu, dalam kata-kata yang tampaknya ditujukan kepada Tiongkok dan bukannya Mongolia, Paus Fransiskus mengatakan pemerintah tidak perlu takut terhadap Gereja Katolik karena mereka tidak memiliki agenda politik.

Beijing telah menerapkan kebijakan "Sinisisasi" agama, berupaya membasmi pengaruh asing dan menegakkan kepatuhan terhadap Partai Komunis.

Perjanjian penting pada tahun 2018 antara Vatikan dan Tiongkok mengenai pengangkatan uskup sangat lemah, dan Vatikan mengeluh bahwa Beijing telah beberapa kali melanggar perjanjian tersebut.

Ungkapan yang digunakan oleh Paus pada hari Minggu – “Umat Kristiani yang baik dan warga negara yang baik” – adalah ungkapan yang sering digunakan Vatikan dalam upaya meyakinkan pemerintah komunis bahwa memberikan lebih banyak kebebasan kepada umat Katolik hanya akan membantu kemajuan sosial dan ekonomi negara mereka.

Vatikan juga menggunakan ungkapan yang sama mengenai Vietnam, yang pada bulan Juli meningkatkan hubungan dengan mengizinkan Vatikan memiliki Perwakilan Tetap Kepausan di Hanoi.

Vatikan telah meminta Tiongkok untuk mengizinkan kantor serupa di Beijing. Para pejabat Vatikan berharap bahwa penerimaan Vietnam pada bulan Juli dapat membantu membujuk Beijing untuk melakukan hal yang sama, kata para diplomat kepada Reuters.

Chow, ulama Katolik terkemuka di Hong Kong, pada bulan April melakukan kunjungan pertama ke ibu kota Tiongkok tersebut oleh seorang uskup dari bekas jajahan Inggris tersebut dalam hampir 30 tahun.

Chow, yang akan diangkat menjadi kardinal oleh Paus bulan ini, mengatakan kepada wartawan di acara kepausan pada hari Sabtu bahwa ia berharap Gereja di Hong Kong dapat menjadi “Gereja jembatan” dengan Tiongkok daratan.

Chow memimpin delegasi ke Mongolia yang terdiri dari sekitar 40 umat Katolik dari Hong Kong, Chow dan mengatakan Gereja Katolik di Asia sedang berkembang dan berada dalam posisi untuk membantu umat Katolik dari Timur dan Barat untuk lebih memahami satu sama lain. (Berbagai Sumber, S24/Fendi Sinabutar).

Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama