. Perhelatan Pesta Jubileum 100 Tahun HKBP Simarmata Sukses Dan Membawa Berkat Bagi Jemaat

Perhelatan Pesta Jubileum 100 Tahun HKBP Simarmata Sukses Dan Membawa Berkat Bagi Jemaat

Perhelatan Pesta Jubileum 100 Tahun HKBP Simarmata Sukses Dan Membawa Berkat Bagi Jemaat.

Samosir, S24
- Tak terasa HKBP Simarmata telah berdiri selama 100 tahun (16/10/1993 - 16/10/2023), untuk itu jemaat mengucapkan rasa syukur dan berterima kasih atas kehadiran pekabar Injil (missionaris) yang telah menginjakkan kakinya di Desa Simarmata ini.

Adapun buah pekerjaan iman dari pekabaran Injil (missionaris) menurut  penuturan sejarah Pdt L Bregenstroth ke Desa Simarmata tersebut dengan berbagai upaya telah berhasil melaksanakan Baptisan Kudus  yang pertama terhadap 20 orang yang datang dari 5 keluarga pada tanggal (16/10/1993) menjadi pengikut Kristus dan pada tanggal tersebutlah ditetapkan menjadi hari jadi  HKBP Simarmata.

Menurut informasi bahwa penginjil tersebut bukan hanya memberitakan tentang firman Tuhan, akan tetapi mereka dididik tentang ilmu pengetahuan. Melalui pemberitaan firman Tuhan tersebut telah membawa perobahan dan beragam kemajuan kehidupan yang telah diraih masyarakat Batak khususnya warga Desa Simarmata. 

Berita Injil telah membuka cakrawala dan pikiran jemaat untuk berkembang secara ilmu, keahlian dan iman kekristenan, masyarakat Desa Simarmata telah dapat menikmati kehidupan dan berhasil baik di bidang Pemerintahan, TNI, Polri, Pengusaha, Swasta, Pencipta lagu dan lain sebagainya.

Untuk mengucapkan rasa syukur tersebut jemaat mengadakan Pesta Jubileum 100 tahun HKBP Simarmata. Puncak perayaan dilaksanakan Minggu, 22/10/2023. Acara yang berlangsung hidmat itu dihadiri Pdt. Dr. Viktor Tinambunan, MST Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Rein Justin Gultom, S.Th, MA Praeses Distrik VII Samosir.

Mantan Praeses Distrik VII Samosir Pdt. Mangido Tua Pandiangan, Para Pendeta se Distrik VII Samosir, Pendeta maupun Bibelvro serta Diakonis  yang pernah melayani di Gereja HKBP Simarmata dan para perantau. 

Selanjutnya  Bupati Kabupaten Samosir Vandiko T Gultom, ST, Presdir PT Labersa St. HW Hutahaen beserta istri, Ny Alm Simarmata boru Gultom pemilik Sopo Toba Hotel, Ny. Alm Pdt. Willem TP Simarmata br Purba mantan Ephorus HKBP,  anggota DPRD Kabupaten Samosir  Haposan Sidauruk, mantan Ketua PDIP dan DPRD Kabupaten Samosir Risma Simarmata dan lain sebagainya.

Perayan Jubileum 100 tahun yang berlangsung dihalaman gereja HKBP Simarmata dilindungi dengan teratap berwarna - warni mengambil Tema: “ Allahku Engkau, aku hendak bersyukur kepadaMu, Allahku, aku hendak meninggikan Engkau. Bersyukurlah kepada Tuhan, sebab Ia baik. Bahwasanya untuk selama - lamanya kasih setiaNya”. (Mazmur 118: 28 - 29).

Sekretaris Jenderal HKBP Pdt Dr Viktro Tinambunan, MST memimpin ibadah dan Perayaan 100 tahun HKBP Simarmata. Dalam kotbahnya yang diambil dari Kitab Yesaya 45: 1-7 menyatakan kita harus percaya bahwa Tuhan tetap berada  dalam diri kita.

Selanjutnya dituturkan bahwa Tuhan itulah yang selalu mengikuti setiap perjalanan hidup kita dan dekat dengan kita, inilah kita bersukacita hari ini berjubileum 100 tahun HKBP Simarmata.

Tinambunan mengisahkan tentang Raja Koresh yang dipakai Allah untuk menyelamatkan bangsa Israel ternyata bukan untuk menunjukkan kekuatan Raja Koresh melainkan kekuatan Allah itu sendiri.

Dikatakan Sekjen,”Kitab Yesaya menunjukkan bahwa Allah yang memberikan kekuatan kepada Raja Koresh, bukan karena kekuatan Koresh sendiri melainkan karena kekuatan Allah sendiri”, ujarnya.

Dijelaskan suami boru Pangaribuan ini, meskipun Raja Koresh yang dipakai Allah menjadi alatnya, tujuan utamanya adalah supaya Allah saja yang dimuliakan, supaya engkau tahu, bahwa Akulah Tuhan Allah Israel, ungkapnya.

Sekretaris Jenderal HKBP  dalam bimbingan Pastoralnya menyatakan peran HKBP, utamanya HKBP Simarmata harus bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Samosir menjadikan Pulau Samosir menjadi lebih baik dan dukung Bupati Samosir yang masih muda dan enerjik di dalam pembangunan Samosir.

Pdt Viktor Tinambunan berpesan agar dalam menghadapi tahun politik, jemaat HKBP untuk menjadi pembawa kebahagiaan dan kedamaian. Tinambunan memohon kepada semua jemaat dan pengurus gereja untuk mendoakan dan menjaga kedamaian, serta menghindari perpecahan yang mungkin terjadi karena perbedaan politik.

Peristiwa perang pecah antara Hamas dan Israel sejak 7 Oktober 2023 yang lalu, menjadi eskalasi terbaru dari konplik antara Israel dan Palestina kita jangan ikut - ikutan seharusnya kita mendoakan agar peperangan yang terjadi dapat dihentikan, karena banyak masyarakat yang tidak berdosa menjadi korban, ujarnya.

Sekjen juga berpesan kepada seluruh jemaat agar memilih pemimpin itu harus dilihat rekam jejaknya, perilakunya, dapat mengayomi masyarakat dan menjadi panutan di tengah - tengah masyarakat. 

Perayaan Jubileum 100 tahun HKBP Simarmata ini merupakan momentum yang penuh berkah dan membawa berkat bagi gereja dan jemaat, utamanya untuk terus berkontribusi dalam pembangunan dan memperkuat iman, pungkasnya. 

Acarapun dilanjutkan dengan makan bersama dan tortor setiap lunggu (wijk) dilingkup HKBP Simarmata, tortor huria pagaran dan tortor huria tetangga musik oleh Soli Deo Glori.

Panitia menyematkan ulos kepada Sekretaris Jenderal HKBP Pdt. Viktor Tinambunan, MST beserta istri boru Pangaribuan dan pada saat yang sama secara bergantian Sekjen menyematkan ulos kepada Bupati Samosir, Praeses Distrik VII Samosir, kepada Para Pendeta, Bibelvro, Diakonis  yang pernah melayani di Gereja HKBP Simarmata.

Sekjen juga menyematkan ulos kepada Panitia Pesta Jubileum 100 tahun HKBP Simarmata,Para undangan dan termasuk juga para tokoh masyarakat yang ikut berperan dalam pembangunan gereja tersebut dan kepada panaranto.

Panitia juga memberikan Buku Ende kepada seluruh jemaat HKBP Simarmata dan dibagikan melalui lunggu (wijk), menurut informasi bahwa seluruh Ulos yang disematkan tersebut dan Buku Ende adalah merupakan sumbangan dari salah seorang Pangaranto asal Desa Simarmata. (S24/Fendi Sinabutar).

Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama