. Pesta Gotilon HKBP Jambi Tahun 2023 Memberikan Yang Terbaik Bagi Kemuliaan Nama Tuhan

Pesta Gotilon HKBP Jambi Tahun 2023 Memberikan Yang Terbaik Bagi Kemuliaan Nama Tuhan

Pesta Gotilon HKBP Jambi Tahun 2023 Memberikan Yang Terbaik Bagi Kemuliaan Nama Tuhan.

Jambi, S24
-Asap kabut menyelimuti Kota Jambi beberapa hari terakhir ini, bahkan telah memasuki ruangan gereja, hal ini membuat penghuninya menjadi tidak bersahabat. Namun hal itu tidak membuat jemaat HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi merasa resah tetapi jemaat dengan penuh sukacita mengikuti ibadah demi ibadah pada Pesta Gotilon.

Ibadah Pesta Gotilon yang dihelat pada Minggu, 8 Oktober 2023 berlangsung penuh hikmat dan semarak, di mulai ibadah sesi pertama masuk pada pukul 6.00 WIB dilayani Pdt.Marthin Sirait, S.Si, Teol dan liturgis Diak. R. br. Simangunsong, song leader Abraham Tambun dan Debora br. Simanjuntak, sesi ke dua masuk pukul 8.00 WIB, dipimpin Pdt. Edward Aritonang  dan liturgis disampaikan Bvr. T. br. Nadapdap song leader Tony Siahaan dan Anggi Soraya br. Manik.

Ibadah pukul 9.00 WIB di Sopo Godang lantai 2 variatif Remaja dipimpin Pdt. Pestanatalia br. Silaen, S.Th, MA liturgis Diak. R. br. Simangunsong, pemusik dan song leader oleh Remaja.

Selanjutnya sesi ke tiga masuk pukul 11.00 WIB di gereja dipimpin oleh Pdt. HB. Lumbantobing, S.Th dan liturgis Pdt. Marthin Sirait, S.Si, Teol song leader Frangky Hutabarat dan Maria br. Lumbantobing dan di Sopo Godang lantai 2 dilayani Pdt. R. Sitompul liturgis Bvr. T. Nadapdap organis Yohannes Purba dan Vina br. Tambunan song leader Nando Purba dan Lasma br. Siahaan.

Sesi ke empat masuk pukul 16.00 WIB dipimpin Pdt. Marthin Sirait, S.Si, Teol liturgis Diak. R. br. Simangunsong song leader Aldo Siagian dan Maya Sari br. Siregar dan sesi lima masuk pukul 18.00 WIB dilayani Pdt. Pestanatalia br. Silaen, S.Th, MA dan liturgis Bvr. T. br. Nadapda.

Pesta Gotilon HKBP Jambi tahun 2023 yang diketuai oleh CSt. H. Simalango, S.Pd, mengambil Tema: “Mandok mauliate ma hamu di Jawoba, ai pardenggan basa do Ibana , ai salelenglelengna do asi ni rohaNa i, (Psalmen 107 : 1)”. 

Sub Tema: “Marhite Pesta Gotilo on saluhut Ruas, Parhalado, Full Timer HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi mamelehon Pelean na hushus tu Debata, dalan manghamauliatehon denggan basa ni Jawoba laho pahembanghon harajaon ni Debata marhite panghobasion na profesional huhut manomunomu Taon Jubelium 75 taon HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi”.

Pesta Gotilon adalah merupakan tradisi perayaan paska panen dimana Jemaat HKBP mensyukuri berkat Tuhan, melalui panen tahunan yang telah diberikan Tuhan kepada setiap jemaat. Begitu juga jemaat HKBP Jambi melaksanakan hal yang sama.

Pemandangan nuansa panen ucapan syukur juga menghiasi altar gereja dan juga di teras gereja, tampak pohon pisang yang berbuah tandan dan siap untuk dinikmati dan aneka buah - buahan, sayur mayor di pajang di gereja HKBP Jambi.

Terlihat dengan penuh sukacita  perwakilan jemaat setiap wijk di lingkup gereja HKBP Jambi lengkap dengan pakaian adat tradisional Batak mengikuti barisan prosesi ke dalam ruangan gereja dengan membawa hasil panen sebagai simbol Pesta Gotilon ke depan altar gereja, merekapun disambut dengan tarian tradisional Batak.

Perhelatan Pesta Gotilon ini dimaknai sebagai ungkapan rasa syukur kita atas berkat dan kasih karunia Tuhan yang senangtiasa memelihara kehidupan kita, untuk itu mari kita persembahkan yang terbaik bagi kemuliaan nama Tuhan.

Ucapan syukur yang kita berikan merupakan tanda iman, karena tanda itu adalah kita yakin dan percaya bahwa segala sesuatu yang kita miliki merupakan pemberian yang terbaik dari Tuhan untuk kita.

HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi adalah salah satu gereja yang berbasis kesukuan merupakan gereja yang terbesar di Indonesia maupun di Asia Tenggara itu, mempunyai ruas  (jemaat) sebanyak 2.500 KK dan diperkirakan jumlah Naposo sebanyak 500 orang.

Sebelum acara pemberian persembahan Pesta Gotilon terlebih dahulu diawali dengan ibadah, lagu - lagu pujian berkumandang mereka nyanyikan bersama. Acara demi acara mereka nikmati, terlebih mendengarkan kotbah yang disampaikan Pendeta.

Jemaat HKBP Jambi menyambut dengan penuh sukacita Pesta Gotilon tersebut, secara bergantian dan teratur berbaris merekapun memberikan persembahan dengan berbentuk amplop ke depan altar gereja ke tempat yang telah disediakan panitia, diiringi lagu “Di son adong hu boan Tuhan”, mereka nyanyikan bersama dengan penuh sukacita.

Terlihat raut wajah seluruh jemaat dengan penuh sukacita dan berbahagia memberikan persembahan yang terbaik demi kemuliaan nama Tuhan. Karena bagi mereka segala sesuatu yang dimiliki bersumber dari Tuhan dan akan kembali kepada Tuhan.

Adapun pengiring (pemaik musik) selama ibadah Pesta Gotilon berlangsung 1. Organis Diny Cecilia br. Sinabutar, 2. Pianis Irene Tri Arga br. Simanungkalit, 3. Bassist Agri Sitompul, 4. Drummer  Salomo Rumahorbo,  5. Seruling  David Sihotang dan 6. Tagading Jeremi Simatupang.

Patut diapresiasi Panitia Pesta Gotilon HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi tahun 2023 ini, setelah Pesta Gotilon usai Panitia berbagi kasih berbentuk sembako dan parsel buah - buahan dengan Punguan Lansia, Tim Kebersihan Gereja, Koster Gereja dan yang terlibat dalam Pesta Gotilon.

Pesta Gotilon HKBP Jambi tahun 2023 berjalan dengan sukses  dan terlihat seluruh jemaat penuh sukacita sebagai tanda syukur, sembari memberikan persembahan yang terbaik bagi kemuliaan nama Tuhan. (S24/Fendi Sinabutar).

Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama