. Hebat!!, Youtuber "Dani Elbona" Bongkar Penyebab Banjir Bandang Simangulampe Humbahas Sumut

Hebat!!, Youtuber "Dani Elbona" Bongkar Penyebab Banjir Bandang Simangulampe Humbahas Sumut

Penampakan kondisi Hulu Sungai Simangulampe Humbahas Sumut. (Foto tangkap layar)

Humbahas, S24-Seorang Youtuber Channel "Dani Elbona" melakukan investigasi melihat dengan analisa kasat mata penyebab banjir bandang yang menyapu Desa Simangulampe Bakkara, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Provinsi Sumatera Utara. YouTuber "Dani Elbona" menelusiri hulu sungai dengan seorang diri guna mengetahui secara kasat mata penyebab banjir bandang tersebut.

Dari tayangan vidio dari penelusuran YouTuber Dani Elbona di hulu sungai, ditebukan ada praktik penebangan pohon atau diduga ilegal logging di hulu sungai. Ranting-ranting kayu dari tebangan dibuang ke lembah sungai sehingga membentuk bendungan menahan air sungai dan hujan yang deras. 

Saat hujan deras, membuat air meluap pada bendungan dari tumpukan ranting kayu di hulu sungai dan mengakibatkan air melimpah membawa banjir bandang yang meluluhlantakkan Desa Simangulappe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas, Sumut, Sabtu dini hari (2/12/2023) lalu. Hingga kini 10 korban masih dalam pencarian.

"Banjir bandang di Simangulampe Bakkara terjadi akibat sisa-sisa penebangan pohon menyumbat aliran sungai dan menciptakn bendungan air yang kemudian jebol. TERNYATA INI PENYEBAB BANJIR BANDANG DI BAKKARA‼️ADA BENDUNGAN AIR AKIBAT ILEGAL LOGGING," tulis YouTuber Dani Elbona dalam konten di Channel YouTube-nya, 7 Desember 2023 lalu. 

Hingga Selasa 12 Desember 2023, konten investigasi dugaan penyebab banjir bandang Desa Simangulampe sudah ditonton 123.575 kali dan dikomentari 727 netizen. Berikut dibawah ini, diantara komentar yang dikutip S24.

@tomycavalera6748 : Makasih abang..udah bela2in menelusuri hutan dan mencari penyebab banjir bandang krn kita sbg pemirsa juga penasaran dr mana sumber banjir itu. Semoga para maling kayu itu segera ditangkap dan diproses hukum.

@melkysirait1502: Sudah saatnya Warga setempat peduli terhadap lingkungannya... dan kompak "Melawan" oknum2 pembabat hutan yang tak bertanggungjawab, yang menjadi "Sponsor" atas musibah ini!!! Lawan penebang liar!!!

@merymanurung6752: Ditangkap dan diadili penebang hutan dan daerah kawasan Danau toba utk menjaga hal "spt bencana saat ini.

@samuelsiahaan8291: Setuju warga peduli pada lingkungannya tapi jangan suruh mereka melawan oknum2 itu, nggak bakal mampu mereka. Muspika atau muspida serta jajarannya yang bertanggung jawab menangkap dan memenjarakan oknum2 itu. Kalau tidak sanggup sebaiknya mundur saja semua, tidak pantas duduk dalam pemerintahan karena tidak bisa melindungi warganya.

@DemitaSiburian-uw7xs: @merymanurung6752 tapi sayangnya pemerintah dan masyarakat ga peduli sama sekali.  Terhadap lingkungan.

@kevindt2420: Sangat setuju harus ditindak tegas pelaku nya jgn dibiarkan berkeliaran.

@melkysirait1502: @taufanmaulanaharrispurba4230  Sebenarnya tak susah kalo penduduk kompak. Pembabat terlihat  semakin "Jumawa", karena acuhnya penduduk. Penduduk jg secara individu jg takut bertindak, karena kurangnya dukungan dari penduduk lainnya. Ini point nya

@melkysirait1502: @samuelsiahaan8291  TST lah kalo soal ini...😂😂😂. Biar halus yaa... bukan rahasia umum lg... selalu ada "Oknum" dlm instansi2 terkait yg "Mesra" dengan para cukong liar...😎

@samuelsiahaan8291: @melkysirait1502  justru ini momen yg tepat untuk membabat oknum2 itu. Jika selama ini kerakusan mereka mencuri milik negara dan warga tidak dirugikan, kita hanya prihatin. Tapi keserakahan mereka telah membuat 11 orang warga kehilangan nyawanya, tidak ada lagi kata yang bisa digunakan untuk memakluminya selain usut tuntas dan adili.

@tomycavalera6748: Makasih abang..udah bela2in menelusuri hutan dan mencari penyebab banjir bandang krn kita sbg pemirsa juga penasaran dr mana sumber banjir itu. Semoga para maling kayu itu segera ditangkap dan diproses hukum.

@samuelsiahaan8291: Terima kasih Lae atas informasinya.

Setuju dengan analisanya sebagai penyebab bencana yang secara kronologi :
1. Kegiatan penebangan pohon dengan alat berat meninggalkan ranting pada aliran sungai.
2. Tumpukan ranting menghambat aliran sungai sehingga menjadi bendungan.
3. Ketika volume air semakin besar, tumpukan ranting terdorong oleh arus air yang terbendung.
4. Besarnya volume air dengan kecepatannya yang tinggi (karena perbedaan ketinggian yang ekstrim) membuat arus air mendorong tanah dan batu yang ada di sepanjang aliran sungai, akhirnya menggulung dan menimpa semua benda yang ada di hilir, termasuk rumah dan penduduk yang ada di Simangulampe Bakkara.

Jadi bencana yang terjadi terlihat bukan karena faktor alam (act of God) tetapi faktor human error (penebangan pohon).

Jika tidak segera ditetapkan siapa yang bertanggungjawab atas bencara tersebut maka patut dipertanyakan kredibilitas Bupatinya atau Gubernur Sumut beserta jajarannya. Mari suarakan kebenaran demi keadilan dan kemanusiaan.

@lamrorusmantambunan4397: Terimakasih atas penelusurannya lae. Ada baiknya diusulkan ke pemerintah setempat utk mengecek aliran2 setiap sungai yg ada hingga ke hulu. Khususnya menjelang musim penghujan. 

Itu penting untuk mengecek apakah ada bendungan yg terbentuk secara alami akibat pergeseran tanah atau sampah2 tumbuhan hutan. Sekumpulan air dalam jumlah banyak akan berpotensi bencana apabila bendungan tersebut pecah atau jebol. Ini sangat penting agar menjadi perhatian pemerintah2 di sekitar Danau Toba.

@sautsitinjak4054: Salut buat lae, yg telah berani dan cerdas dalam membuat dokumentasi ini. Semoga bermanfaat bagi pengungkapan kasus penyebab terjadinya bencana di Bakkara dan semoga orang Batak bersatu untuk membantu masyarakat yg menjadi korban bencana tersebut. Tuhan Yesus menolong kalian
Amen ❤

@anthonyparulianmanalu9937: Pengelolaan Daerah Aliran Sungai harus ditingkatkan, yang nebang kayu harus bayar kerusakan, yang nanam kayu dan memeliharanya  diberi hadiah ......salut sama Laeku yg menayangkan video ini...horas.

@paijopaijo4316: Saya orang Samosir sy paham kondisi alam disana.pohon yang tumbuh di area tebing atau bukit yang mengelilingi pulau Samosir mayoritas adalah pohon Pinus,dan tumbuhnya pun agak jarang2 atau tidak rapat.sy menghimbau agar warga lebih peduli terhadap lingkungan,mulailah memperbanyak pohon disana.tolak keras oknum2 yang mau menebang pohon secara massal, karena pohon disana berperan sangat penting untuk menahan tanah karena culture yg tanah disana miring terjal.

@eljonsigalingging501: Penelusuran ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yg tinggal di tepian danau Toba, tetap waspada karna semua daerah kabupaten yg hutan nya ikut  jadi penyangga danau Toba sudah gundul. Semoga pemerintah dan seluruh aparat penegak hukum memperhatikan kejadian ini. Turut berduka cita!

@ParasianSimamora: Luar biasa Lae. Secara pribadi saya salut buat Lae yg susah payah berjalan sendiri melihat secara tuntas apa yg terjadi. Sebelumnya banyak org yg merasa TDK percaya  banjir bandang bisa terjadi. padahal Longsoran nampak nya tidak signifikan dgn banyaknya batu.

Bahkan beberapa org mengatakan tidak masuk nalar. Tetapi sy secara pribadi berpikir "tidak ada asap kalo TDK ada api". Ternyata benar. Apa yg Lae perlihatkan ini sangat berarti bagi banyak orang terutama Pemda Humbahas, agar segera membuat aturan bahwa pohon di hulu jangan diganggu, malah harus dihijaukan lagi. 

Kalo saya menyerukan hutan itu dijadikan hutan lindung saja utk menjaga lingkungan ,desa, dan terutama lagi Danau Toba yg kita banggakan. Hentikan semua penebangan. Bekas- bekas penebangan hrs dibersihkan dan ditanam kembali dgn pohon yg akarnya kuat mengikat tanah.

Bila TDK segera ditangani, bukan TDK mungkin banjir akan terjadi lagi, sebab tanahnya sekarang sedang labil. Saya usulkan ditanam bagot, bulu Godang secara teratur agar mudah dibersihkan. Juga pohon beringin dll. Yg jelas, semua pinggiran longsoran hrs direboisasi dgn baik.

@langsungsitorus4328: Banjir bandang seperti terjadi di Simangulampe ini sudah sering terjadi di daerah pinggiran Danau Toba, misalnya seperti di Lumbanjulu, Parapat,dan lain-lain. Banjir bandang terjadi di daerah dekat pinggiran Danau Toba karena ada tumpahan air dari lembah yang mengantarai dua gunung di hulu. 

Lembah itu bukan sungai yang permanen, melainkan hanya sebagai kali kecil. Berarti sebelum terjadi banjir bandang itu, sudah terlebih dahulu ada air yang "mendanau" di lembah gunung itu, karena ada "bendungan alamiah" di lembah itu. Pengumpulan air itu pasti sudah berlangsung lama. 

Bendungan alamiah itu jebol karena  tiba-tiba datang hujan lebat dan lama, sehingga debit air berlipat-lipat. Air itu jebol, dan "mangalondos nasa naboi londosonna" (menyapu bersih semua yang dilalui). Korbanlah penduduk di tepi danau yang membangun rumahnya di tempat yang sebenarnya tidak bisa di situ membangun rumah. 

Kalau analisa ini benar, saya mengusulkan agar BNPB atau dinas kehutanan memeriksa semua lembah-lembah yang ada di celah gunung gunung di sekitar danau Toba, apakah ada  di sana kumpulan air yang mendanau oleh karena ada bendungan alamiah. 

Kalau ada, BNPB atau dinas kehutanan harus segera mengeringkan kumpulan air itu dan meruas jalan air, agar tidak sempat ada bibit (potensi) banjir bandang. Sekarang ini sudah mudah mendeteksi keadaan lembah lembah itu, karena sudah ada drone yang bisa mengirim foto foto ke kantor BNPB atau dinas kehutanan. Masalahnya adalah: adakah yang peduli?

@sigitsantoso5263: Harus diadakan rembuk adat untk mengusut oknum, jelas sekali dihulu pernah terjadi praktek penebangan kayu liar, dilihat jejak kendaraan besar. Selamat untk Abang yg mau PERDULI DENGAN ALAM. Toba harus dijaga. Salam..

@jonnyadriansmnune5000: Video ini sudah bisa menjadi bukti untuk mengusut pelaku penyebab terjadinya bencana. Salut buat Abang ini. Horas!! Salam dari KUPANG-NTT.

@petrussilaen618: Kerakusan dan keserakahan manusialah yg menimbulkan bencana alam itu sendiri. Semoga org org yg menyebabkan bencana ini segera ditangkap dan dihukum.

@carismaysinaritra5399: Terimakasih banyak ito, bukan hanya sekedar konten,tapi ini sangat menginspirasi dan juga menyadarkan semua pihak betapa pentingnya menjaga dan melestarikan alam , karna dampak dari keserakahan ini telah merenggut nyawa banyak orang,mungkin para korban yang tidak tau apa-apa soal keserakahan ini tapi harus kehilangan nyawa dan harta benda.😭😭😭

@oktorasebayang717: Semoga pemerintah melihat video ini dan bisa melakukan pembenahan dan pemeliharaan terhadap hutan hutan sekitar danau toba.

@ReaksiCepatChannel: Tks pak Dani semoga pemerintah memerhatikan ini..semoga video bapak menjadi pedoman utk menentukan siapa sebenarnya yg salah..tolong sekalian pak dani, yang terjadi di Kebegerian Sihotang, upahmu bapak dari Sorga...akan diberikan berkat. Tks..ooohhh..mulai terkuak ada jalan u alat berat.

@geristyjayanrigha2149: Jika benar itu ada efek dari aktifitas proyek, perlu ada yang harus dimintai pertanggubgjawaban. Semoga pihak berwajib bisa segera Operasi.

@togisitorus9745: Tangkap segera ilegal logingnya dan oknum yg melindunginya.Secepatnya pihak terkait jangan kasih pain.

@user-bx8rw7qx2p: Itu lh akibat keserakahan manusia,demi cuan hutan pun di  rusak tanpa memikirkan dampak negatif nya(khusus nya hutan di sekitar wilayah danau toba).Turut prihatin sama saudara/-i kita yg menjadi korban di ds simangulampe kira nya Tuhan lh yg senantiasa memberikan kekuatan&penghiburan.Tuhan memberkati.

@siputtua3786: Pemerintah dan masyarakat segera hrs menanam pohon2 keras agar kuat tdk gampang rubuh.  Dan tabur jg biji buah2an agar tumbuh dan berbuah buat makanan binatang2 disana. Lestarikan alam wilayah Toba sekitarnya. Tks

@riffsie: Terimakasih lae.. membangun kesadaran kembali, merusak hutan itulah yg mengakibatkan bencana. Analisa lae tentang ranting/potongan batang kayu bertumpuk membendung air & lumpur bisa jd benar. 

Namun yg lebih pasti, penebangan pohon dgn alat berat di sekitar Desa Habeahan itulah penyebabnya. Dgn tiadanya pohon-pohon ittu, curah hujan deras itu tidakdiresap lg oleh akar karena bukit itu sdh gundul. 

Sehingga seluruh air tercurah sspenuhnya ke celah antar bukit itu, menumpuk, menggerus semua dinding bukit maupun bagian bawah yg dilalui air. Sehingga bencana air lumpu, batu & potongan batang kayu  itu menyapu Desa Simangulampe. Kita sangat prihatin. Belasungkawa yg dalam utk keluarga besar Desa Simangulampe..

@user-fb6ye7es3n: Mantap liputan lae beserta bukti jejak yg nyata. Semoga terbuka mata pemerintah setempat untuk benar2 menjaga kelestarian alam wilayahnya untuk menghindari korban material apalagi korban nyawa.

@GKPSJambiPertama: Keren Kontennya. Investigasi. BONGKAR PELAKU ILEGAL LOGGINGNYA. SEMANGAT Dani Elbona. GBU.

@fransstog869: Masyarakat setempat harus kompak melawan para perusak hutan yang telah melakukan penebangan pohon secara sembarangan

@tonnimunthe8102: Harusnya lae sebutkan hulu sungai nya dari daerah mana dan nama sungainya terimakasih atas liputannya lae semiga Semoga masyarakat lebih mengertj akibat penebangan hutan terutama daerah aliran sungsi (DAS) salut utk lae sehat selalu lae.

@lomogurning6715: Harusnya pemerintah yang melakukan penelusuran seperti ini utk mencari penyebab bencana, kemungkinan aliran sungai tertutup sehingga menjadi bedungan di atas. Tks pak Dani.  semangat sehat selalu.

@reymondtambunan7297: Terimakasih, informasi yang baik. Mencari dan memberitakan fakta apa kira kira penyebab bencana alam tanah longsor di desa Simangulampe baru baru ini. Informasi ini harus menjadi perhatian publik dan aparat agar mengkaji lebih jauh serta bertindak untuk menghindari kejadian sama dikemudian hari atau di tempat-tempat lain. Kita berempati karena adanya korban baik jiwa maupun meterial. Semoga keluarga korban tetap teguh serta dihiburkan.

@jahota2035: Terimakasih buat channel ini....Karena memberikan informasi.Buat aparat harap diperhatikan..dan juga buat putra daerah mari didukung.

@Tumanggor-sq2xp: Stop penebangan hutan sembarangan yang merugikan masyarakat setempat
Seharusnya pemerintah tegas terhadap oknum-oknum itu

@syakirinpangaribuan1561: Saya kira benar analisis faktanya, ternyata sederhana tetapi akibatnya fatal. Inilah yang harus menjadi pelajaran berharga bagi kita semua. Terutama yang mengambil kayu di hulu sungai, jangan sampai membiarkan sampah, ranting pohon menumpuk, yang bisa mengakibatkan kolam air besar sehingga membahayakan dan menimbulkan banjir bandang. Ini harus dimintai pertanggungjawaban pelaku ilegal logging itu. Supaya menjadi pelajaran berharga bagi pihak lain yang terbiasa ceroboh dan tidak mau tahu dengan semua kemungkinan akibat yang fatal.

@fransstog869: Jangan biarkan hutan rakyat dikuasai oleh segelintir oknum yang ingin mengambil keuntungan dengan mengorbankan kepentingan masyarakat sekitarnya

@jhonsiahaan4462: Terimakasih Lae, menurut asumsi saya.sudah jelas klu penyebabnya adalah dari ranting pohon yang digerus air dan bertumpuk jadi satu yang menyebabkan bendungan besar, sehingga krn banyaknya debit air yang masuk dan akibat kemerengan lembah hingga jebol lah bendungan air yang ditahan oleh kayu hingga terjadi banjir air besar dan menabrak dinding lembah yang ada batu nya dan terdorong kebawah hingga menabrak rumah penduduk

@bambelb: Keren kali kau bg,perjuangan yang sangat hebat sampai menuju ke hulu sungai itu..tambah suskes lah untuk abang🙏🙏 perusakan hutan adalah kejahatan luar biasa..lihat kalian lah dampaknya para pemilik perusahaan..rumah tempat tinggal,sawah tempat bertani,sungai yang mengairi sawah, dan terlebih manusia yang menjadi korban akibat karakusan kalian...semoga bapak polisi segera menemukan para pelaku yang harus bertanggungjawab atas bencana yang terjadi di humbahas..dan harusnya itu cepat tertangkap, karena mereka membawa alat berat. Tidak pasti ada saksi2 atau CCTV yang dilalui alat berat itu. Dan semoga juga hakim yang memvonis nanti memberikan humuman berat terhadap para pelaku yang terlibat..

@hoas2316: di usut  tuntas agar ada epek jera terhadap oknum oknum tidak bertanggung jawab.harus di pertanggung jawabkan perbuatanya.

@kamahtinambunan1428: Terimakasih untuk penelusurannya Dani Elbona,, cukup berani !!!!!. Selain karena penebangan liar juga menurut saya berdasarkan tampilan gambarada retakan diantara 2 bukit yang disebelah kiri dan kanan lembah.  Ini cukup serius dan berbahaya bagi daerah dan warga disekitar bencana. Laporan pandangan mata ini mesti ditindak lanjuti oleh badan resmi terkait

@janlinhartlumbangaol4965: Penebang pohonlah oknum yang harus bertanggung atas terjadinya bencana Simangulampe. Tolong para penegak hukum  segera mencari dan menindak oknum.

@agustins.y.6857: Kalau ada penebangan liar, jd gak ada penahanan tanah, apalagi habis kemarau jd mudah longsor, semoga korban segera diketemukan dan masyarakat sekitar peduli dan menjaga lingkungan hutan yg berbukilt2.

@Helenaaa-zk4zy: Hutan hampir gundul sehingga tidak adalagi pohon yg menahan air dan batuan untuk tetap berpijak dan air resapan pun sudah tidak adalagi sehingga saat hujan musim maka air mengalir dari tanah rendah keoerkampungan.semoga penduduk setempat bisa belajar dari kejadian ini untuk seterusnya dan supaya terjadilah keamanan yang kondusif dari ancaman bencana.

@ReginaCornelia-zc9cw: Semoga sdr2 kita yg kena musibah ttp kuat, dan kakak hrs pny tmn saat meliput apalagi t4 berbahaya bgni.

@andhikaadhitama1382: Semoga cepat menghijau kembali, kami rindu ke toba tanpa perlu khawatir ada longsor atau banjir bandang di sana.

@maroloanbanjarnahor3967: Harus di tutup perusahaan yang menampung penebangan liar (illegal logging) dan semua pelaku kerusakan ini harus di penjarakan.

@charlesmanalu812: Terimakasih atas informasinya bro. Perhatian dari semua pihak penting untuk menjaga kelestarian lingkungan alam. Jangan karena kerakusan akan uang menimbulkan bencana seperti peristiwa ini.

@user-tf4gt6wr2f: Perlu lebih di sebar luaskan peristiwa seperti ini supaya orang bisa ambil pelajaran demi hidupnya kelangsungan yang nyaman Edi wonosobo

@user-hu9wq7xc7i: Jadi jelas ini ulah oknum ilegal. Seharusnya polisi setempat dan dinas kehutan segera mengusut sampai dapat para oknum dan diberikam sanksi tegas

@garingurky: Explorer Sejati !!! Salute untuk inisiatifnya...Informasi awal yang akurat dan orisinil untuk penyelidikan ilmiah  geologi lingkungan .

@filmkaran4773: Itulah memang, kerusakan alam disebabkan oleh manusia juga.

@oslasaragih7862: Tks informasimu ito,semoga pemerintah peduli dengan peristiwa ini dan yang lebih bertanggung jawab adalah orang orang yg melakukan pemalak liar itu hrs dituntut. Salam dari Samarinda Kaltim. Horas!

@Laurinanababan1877: Saatnya lebih peduli terhadap lingkungan,, Trima kasih infonya yang sangat bermanfaat pak,, Smoga kedepannya lebih baik.

@rosdinasiregar287: Inilah akibat keserakahan manusia yg hy memikirkan keuntungan pribadi tanpa pikirkan akibat perbuatannya menimbulkan malapetaka buat org lain di tambah lg pemerintah setempat tdk perduli bahkan kemungkinan diam membisu krn sdh dpt uang sogokan sehingga para penebang kayu ilegal bebas keluar-msk hutan dgn membawa pulang kayu jarahannya & saat ini mrk hy bisa tertawa melihat ulah mrk yg sdh menghancurkan pemukiman dgn sekecap sj, wahai para aparat jgn hy menonton tp hukumlah para perusak lingkungan.

@user-xr2ty1iv5r: Masyrakat desa habeahan untuk merawat hutan danbersatu dengan masyarakat bakkara supaya di hentikan penebangan kayu di hulu sungai , dn satu pengalaman yg sangat berharga supaya jngn terulang kembali dan mentri ke hutanan harus berperan aktif mengawasi penebang hutan di sekitar danau toba,karna sekeliling danau sangatlah rawan longsor ketika musim penghujan dan perhatian pemerintah daerah juga harus lebih berperan dilingkungannya

@asepsaepudin3543: Sayang sekali bang alam yg idah sudah mulai di rusak, dan itulah dampaknya kalau berani merusak alam, saya orang bandung tangkuban perahu pernah ke kawasan danu tomba, saya sangat kagum sekali dengan ke indahan danau toba bersama bukitnya yg hijau, tolonglah supaya di jaga itu alam bang.

@Hobby_Ayam: Terima kasih infonya, tolong segera cari pengusaha yg memanfaatkan kayu dan juga yg memiliki alat berat di bawa ke ranah hukum.

@RonnyPanjaitan-ts5qn: Tks Lae atas sharenya luar biasa ...pemerintah agar melihat dan mendengar jeritan  penduduk. Jgn diberi ampun yg merusak Hutan...walaupun dia kaya raya ...tindak tegasss

@joseppanjaitan7341: Harus diproses hukum  para penebang pohon di hutan itu.

@sarindan: Mantap kawan Manru, luar biasa penelusuranmu, semoga mencerahkan semua pihak, sehingga kedepan bencana serupa tak terulang..lanjut kawan, kamu hebat..super hebat..

@merwaldensianipar8539: Harus ada tindakan untuk memulihkan bukit ini dgn menanam pohon.

@hppurbas5836: Hulunya sebaiknya rutin di periksa sewaktu musim hujan ,untuk mengantisipasi menumpuknya material kayu yg menhalngi aliran air.

@L4ngit_biru: Kalo si pelaku penebang liar melihat video ini pasti akan sangat merasa bersalah dang ingat semua yang pernah mereka lakukan disini.

@septriyantihutagalung5686: Stop penebangan hutan bukit sekitar danau Toba, ini efek bertahun-tahun penggundulan hutan, turut prihatin & berduka utk masyarakat yang mengalami musibah. Tuhan Yesus menguatkan.

@pardameanbanjarnahor4973: Terima kasih atas informasinya. Saran untuk Pemda kabupaten Humbang Hasundutan, untuk segera mencari solusi untuk ini, sebelum bencana alam lebih besar terjadi

@siringoringokisnel: Terimakasih Lae atas penelusurannya, Banjir Bandang  mengakibatkan longsor akibat penebangan pohon yang tidak memikirkan akibat sehingga menimbulkan bencana kepada masyarakat, Menurut saya Video ini bisa salah satu bukti bagi aparat penegak Hukum untuk menentukan siapa yang bertanggung jawab.

@hotmansiregar413: Setuju Lae Dani atas pengamatannya di lokasi hulu sungai kecil di desa Habeahan yang akibat terjadinya pembendungan alami mungkin saja limbah penebangan hutan, puncaknya air yang volume begitu banyak seketika cebol dan menerjang apa saja di depannya termasuk membawa bebatuan sampai ke desa Simangulampe seperti kondisi sekarang ini.

@marparbue836: Tangkap pelaku penebangan hutan,jgn dibiarkan. Semoga pelakunya ditemukan secepatnya dan dipenjarakan, hutan sudah BOTAK,NGERI.

@arjunababannababan2301: Sayang danau toba yg indah berubah mnjadi rusak karna orang serakah mengambil keuntungan tampa peduli lingkungan, musibah yg akan terjadi. dari kejadian ini terutama untuk bangso batak. :mari kita lestarikan hutan di danau toba.  ini sudah jelas ada pembalakan liar. dan bisa jadi ada yg melindungi pembakakan ini. mudah2an VT ini bisa jd acuan.

@arpch3944: Yang punya alat berat( pelaku penebang liar ) harus bertanggungjawab

@mandovery7174: Semua  banjir bandang, pasti kasusnya seperti itu lae, bekas penebangan itu menyumbat lembah, lama kelamaan ada danau kecil, saat hujan deras, tak mampu menampung air dan terjadilah benjir bandang, terima kasih atas videonya, biar semua sadar akan penebangan hutan yg tidak bertanggung jawab.

@beathaflorence5386: Salut dengan keberanian lae ini, masuk hutan sendirian terlalu berbahaya, paling tidak ajak si doggy lah.

@gusartampubolon7122: Berarti bisa disimpulkan, walaupun sungainya kecil, tetapi daerah tangkapan hujannya sangat luas. Berarti, sungainya pasti sering banjir kalau suasana hujan

@teddyricardo8510: Waw.. salut Lae.. masih ada seperti Lae yang masih perduli .. dan yang bisa membuka mata semua orang akan pentingnya tanggung jawab akan pengrusakan lingkungan hidup terutama penebangan hutan . Sebaiknya bawa teman Lae .. jgn sendiri ..

@montesb3064: Jangan harap ada pengusutan ...sdh biasalah ...adakan gerakan massal utk melindungi alam ...Tapanuli dari pencuri pembalakan hutan..

@rosdianasitumorang7399: Terima kasih ito sudah bisa kami melihat hutan yang telah di gunduli oknum serakah sehingga menimbulkan banjir bandang di simangulappe

@deviclara6118: Mauliate Bang Dani dengan bersusah payah menelusuri sumber dari bencana ini, semoga Pemerintah setempat menindak tegas dan menghukum pelaku penebangan kayu,, salam sehat Bang Dani yg sudah peduli dengan alam, Tuhan Yesus Memberkati, salam Sian anak rantau.

@ArifinRifin-dp9rv: Pria seperti inilah yg kita harapkan,untuk mengantisipasi dari tangan dan otak kotor instansi tertentu yg hanya memburu uang tanpa memperhatikan keselamatan warga lokal maupun wisatawan.

@wsxaryo6312: Rasa kemanusiaan dan keprihatinan membuat siabang cari tau penyebab banjir,banjir itu akibat,sekarang rasa penasaran abang ini coba cari penyebabnya,sehat selalu ya bang,salam tuk yg mungkin ada yg membantu mensupot abang,jaga stamina dan kesehatan ya bang,salam

@user-jx1xc8oj7g: Mana ni pihak terkait. Usut pelaku penebangan kayu yg menimbulkan korban jiwa. Jangan kecewakan rakyat...please.

@paristonpanjaitan6469: Masyarakat setempat dan kades, atau Pemda setempat ayo tanam pohon di gunung gunung yg sudah gundul akibat  penebangan hutan,oknum oknum yang tidak bertanggung. Terima kasih Lae bisa telusuri hutan mencari tahu apa penyebabnya terjadinya longsor di Bakkara

@marthashinta5958: Perlu adanya pengawasan, pemeriksaan lahan di bukit2 sekeliling kawasan  D. toba, Samosir , Muara dll  dg  menggunakan DRONE  agar  bisa dipantau &  peristiwa ini  tdk  terulang  di kawasan  lainnya.

@asrontambunan7305: Saran lae, kalau bisa jgn sendiri ketempat spt laeku, sangat rawan skali , pkirikan jga keselamatanmu lae.

@darwisrobinsonsirait5364: Terimakasih infonya yang sangat berharga ini. Kiranya kita dapat pembelajaran yg sangat berharga...dan semoga aparat dan pemerintah melihat channel ini....👍🙏

@joseppanjaitan7341: Tidak hanya penebangan liar, tapi kemungkinan ada juga penebangan  hutan yg dilegalkan (diberikan izin). Sudah tau kawasan Tapanuli raya konturnya perbukitan, namun masih diberikan juga izin mengeksploitasi hutan.

@Hitler7113: Melihat kondisinya, dimana tanah cukup labil apabila diguyur hujan terus menerus dlm jangka waktu yg relatif lama, mk diprediksi kejadian serupa akan terulang dikemudian hari, kiranya masyarakat dapat memahami dan berjaga².

@user-vf4yt9xc9s: Salut buat ITO semangat.penuh keberanian.tuhan membertimu ITO.

@gaolmarbun6950: Kalau betul ada bekas alat berat yg masuk sampai hutan dan sungai seperti itu, pasti dilakukan oleh corporasi,  tidak bisa dipungkiri  pemerintah  daerah  Bupat dan Camat  harusnya dimintai Ijin oleh Corporasi yg membutuhkan hasil hutan, untuk itu Bupati dan Camat harus ikut bertanggung jawab baik secara moril maupun materiil.

@robertsidabutar995: Akan banyak lagi banjir bandang di sekitar samosir,akibat adanya penambangan kayu secara besar2an tanpa melihat dampak lingkunganya...

@Miguel-cb4ju: Terimakasih Lae, pideo ini semoga menjadi pelajaran bagi oknum-oknum. dan semoga bermanfaat bagi orang yang tinggal di tapian tao toba!!!

@samueldorgis9359: Mauliate Lae....sangat bermanfaat observasinya. Dan semoga aparat menindak tegas pelaku pengrusakan hutan dn kejadian yg sama TDK terjadi lagi.

@heningviolin: Tidak bisa dimungkiri kalau kebutuhan hidup dengan bencana alam dan kemanusiaan selalu beriringan. Sampai kapan? Sampai nanti ketika bumi ini ditelan ke dalam perut manusia. Semoga tawakal dan tabah. Tanaman keras usia di bawah lima puluh tahun,  justru potensi menjadi bahan material bencana. Akarnya belum mampu menopang tanah. Tidak perlu diratapi dan disesali pasti sudah difahami dan diperhitungkan.

@parlinsinambela8137: Ini sudah jelas bukti. Dimana pihak terkait , dinas perhutanan dll yg begini harus ada efek jera, agar tidak terulang lagi.

@bistoklumbangaol160: Desa Simangulampe bekas banjir, disarankan tidak dihuni lagi, termasuk hotel senior, akan selalu ada catatan siap kena banjir lagi. Daerah tersebut termasuk satu-satunya tempat kumpulan rembesan air menuju danau.

@nusabawinto478: Jika benar longsor itu akibat dari pembuangan sisa2 penebangan pepohonan, maka pemeeintah daerah segera mengusut dan menangkap para pelaku penebang pohon2 dibutan sekitar sungai tersebut. Dan kenakan psl hukum.

@candrasijabat3694: Lae Dani, bukit yg sekarang Lae injak itu mengandung banyak bebatuan tu Lae, pantaslah nggak ada pohon2 yg tumbuh disitu, karena banyaknya batu, makanya mudah longsor apabila hujan deras, ok mantap, selalu hati2 Lae, jaga kesehatan.

@fransedessimamora7767: Mauliate Lae, luar biasa kegigihan Lae untuk mencari tahu penyebab malapetaka ini❤

@Clorouz555: Tidak patut ada penebangan pohon disekitaran toba,  kepada masyarakat tolonglah dihentikan aktivitas pembalakan liar,  akibatnya sangat menyedihkan sekali.

@meganasar5049: Analisa pribadi: Setuju dengan analisa Lae. Terjawab sudah ketika tiba di hulu sungainya. Terlihat ada longsorang kecil (menit 13) dan pada menit 16  terlihat jelas pada dinding jalan banyak gerusan kuku bucket excavator dan sisi lainnya material loos hasil gerusan yang berpotensi menjadi endapan sedimen/aluvial yang tertahan oleh ranting dan membentuk bendungan "raksasa".

ketika penuh, bendungan jebol dan energynya terlepas tiba-tiba sehingga menyapu bersih apapun yang dilalui oleh air, termasuk bongkahan2 batu besar dan juga jejaknya dapat terlihat pada badan sungai yang diapit dinding curam pada menit ke-6 dst.

Terima kasih atas upaya kerasnya Lae untuk mencoba menginvestigasi dengan suka rela penyebab bencana ini. Saran: Bencana ini masalah serius, tetap waspada dengan tidak menampilkan wajah Lae, karena bisa saja ada orang yang tidak senang dengan investigasi yang Lae lakukan ini.
Sehat selalu Laeku. Salam Lestari. Horas

@parapatparapat8352: Terimah kasih cenel infonya .saran .pelaku pemalakan kayu dihulu sungai harus dipertanggung jawabkan perbuatannya .yg menimbulkan korban jiwa .materi dan yg lain apa lagi mereka ilegal .aparat harus bertindak supaya jgn terulalang hal demikian lagi di negeri kita ini .

@yohaneskelvinsiahaan5098: Ayo bantu viralkan. Makasih bang sudah mau meninjau langsung penyebab bencana di simangulampe. Miris sebenarnya kalau kita pikir lagi, seharusnya sudah ada orang yang dibayar dari pajak kita untuk menginvestigasi secara profesional kenapa bencana ini terjadi. Tapi lihatlah mereka digaji g tau kerjaannya apa. Sehat2 bang semoga diberkati abg dan timnya

@listonsihombing9265: Kepentingan pribadi merugikan bayak pihak, kalau ada penebaggan pohon 🌲🌳🌴pasti dampaknya jauh hari kemudian., ya saran buat kita semua Jagan menebang pohon, jaga cintai lingkungan kita semua pelajaran yang dapat kita simpan, salut buat pembikin vidio berbagi buat pelajaran, yang dapat kita jaga gunung ku penuh pohon, Mauliate.

@anitafadzria8596: Usut siapa oknum yang melakukan penebangan kayunya. Laporkan ke pihak berwajib. Kalau tidak direspon berarti pihak berwajibnya sudah terima setoran. Kalau sdh begitu bersabar saja biar pembalasan tuhan yang tunaikan.

@yanelphakht3874: Harus dibuat alat peringatan dini (warning station) di hulu sungai bila sewaktu-waktu air sungai meluap bisa langsung mengaktifkan bunyi sirene alarm ke permukiman penduduk yang ada di bawah hilir sungai sehingga warga terhindar dari bahaya banjir bandang.

@Nabaddal03: Sangat berguna, Semoga pemerintah Humbahas tidak Tutup mata terkait hal ini... smngt bg Dani.

@user-ch9gu9ks6d: Semangat itoku jadilah pejuang bagi kampung batak.

@haposanmanurung2326: Secara teknis, banjir bandang itu terjadi karena  curah hujan yang tinggi dalam waktu singkat dapat menyebabkan air mengalir dengan cepat ke sungai atau sungai kecil, yang dapat memicu banjir bandang,

Daerah yang memiliki topografi curam atau pegunungan lebih rentan terhadap banjir bandang. Air hujan yang turun di daerah pegunungan dapat mengalir dengan cepat ke lembah-lembah di bawahnya, bendungan atau embung pecah atau terjadi kegagalan struktural, air yang dilepaskan dapat menyebabkan banjir bandang di daerah hilir.

@onnysianipar9963: Sulit untuk mencari hulu sungai dihutan yg luas karena  tiap desa pasti dilalui desa itu.  Jd sebaiknya tanya kepada penduduk sekitar jgn mencari sendiri,  berbahaya..

@nuriati2985: Semangat ya bang dani.aq acung jempol buat BG dani.betulbetul anak batak.pemberani d semangat tinggi.semangat BG Dani.

@tetikasmiyanti1352: Oknum tdk bertanggung jawab. Merusak hutan demi kepentingan pribadi. Tidak mikirin warga ada disitu. Sgt membahayakan.

@JAJAKPALALA: Dulu tahun 2015 saya pernah ke Toba, trus saya pernah berfikir... Apakah kondisi seperti ini tidak akan longsor. Ternyata akhirnya menjadi bencana di tahun 2023. Turut berbelasungkawa atas peristiwa banjir bandang di desa Simangulampe, semangat untuk bangkit kembali.

@borusihite3178: Trimahasih ito untuk vidionya kita jadi lebih banyak tahu penyebab banjir bandang di desa Simangulampe semoga para korban segera ditemukan.

@edypurnama3659: Bencana alam.seperti itu adalah ulah serakah sekelompok manusia yg menggunduli hutan. Harus ada upaya memberantas penggundulan hutan dan dilakukan reboisasi.

@albinersitumorang1205: AEK SIPANGOLU. Sekitar tahun 1955, tersiar berita, bhw di Bakkara, ada air terjun yg disebut Aek Sipangolu, hingga banyak penduduk dari Samosir pergi kesana untuk mandi/ berendam, dibawah air terjun tersebut.

Saya juga dibawa ortu ke sana, karena waktu itu sakit mata ( rabun ayam ). Saya tidak ingat berapa lama mengalami sakit tersebut dan tidak tau, apakah sembuhnya karena berendam di bawah air tersebut, karena saya ingat dibawa juga berobat ke Rumah Sakit Palipi. ( waktu itu dokternya masih orang Belanda..) Yg jadi pertanyaan: Sudah sejak lama tidak ada lagi informasi, pergi berendam dibawah Aek Sipangolu. Apakah karena tidak manjur lagi ? Yang jelas, dari cerita tersebut, dulunya dan bahkan masih sampai saat ini, daerah Bakkara, adalah daerah yg diberkati Tuhan. Buktinya: Tidak pernah terasa musim kemarau, karena sepanjang tahun, ada air mengalir dari pegunungan utk mengairi sawah..

@h.aritonangarios9635: Mauliate dilaporan ni Lae.  gabe niboto sumber malapetaka na di Desa Simangulampe. semoga cepat di proses aparat Hukum NKRI. 

@yuniarmanullang6016: Salut utk Amang aemoga jadi pelajan sekaligus edukasi buat masyarakat. Mauliatr.

@aritonangsibotolungun2871: Dgn melihat video ini kita jd tahu apa penyebab banjir bandang di simaulambe.. Trimakasih sdh menelusuri smg sht sllu laeku.. Tolak Penebangan hutan secara liar

@meisonpdd3582: Masalah siapa yg bertanggungjawab atas kerusakan lahan itu? Berani tidak aparat menangkap penjahatnya?

@fernansius4477: Untuk lae ku terimakasih atas info nya, kalo bisa coba tunjukkan hasil penelusuran ini kepada orang yang mengerti jalur hukum tapi berhati mulia dan lanjut membuat laporan biar di tindak lanjuti. Tapi ada tapi nya lae, lae juga berhati2 karena ada yang merasa di rugikan disini. Bahasa hukum nya buat pengajuan ke LPSK biar lebih mantap lae. Tapi juga tetap berhati2 walau pun di tindak lanjuti atau tidak atau melalui laporan orang lain. Dsby.

@RIVALPETANI: Tolong pihak yg terkait/berwenang tolong diselidiki siapa yg menebang kayu itu,kalo serius ditangani pasti pelakunya ketangkap,

@filmkaran4773: Saran bang dani, kalo pergi ke hutan-hutan gitu. bawalah teman. biar kalo ada apa-apa ada yang nolongin. jangan pergi sendiri

@ChanelGembira-ki9we: Ayo pemkab humbahas telusuri investigasi lae ini. Bukan bicara ilmiah dengan istilah yg rakyat tak mengerti. Kelihatan jelas ada apa koq alat berat bisa masuk hutan. Terima kasih lae udah nonton video ini ,lae seperti reporter tv yg telah memberi pencerahan bagi kami yang jauh dari bona pasogit. Mauliate. GBU

@bangunlukaslubis7903: Horas Sdr Dani (pemilik @dani_elbona), saya satu dari masyarakat Kec. Muara Nauli menyampaikan terima kasih untuk semua hal yang Anda dan tim lakukan untuk memberi jawaban ilmiah sesuai fakta terjadinya bencana banjir di Desa Simangulampe Kec. Baktiraja,  Jumat, 1/12/2023. 

Semoga pemerhati lingkungan, pemerintah, Gereja, dan masyarakat peduli untuk lingkungan hidup kita. Rasanya belum lama ini Sdr. Vicky Sianipar, dan artis-artis terkenal yg menyuarakan ini, seharusnya kita semua ada tindak nyata. Persoalan illegal logging bukan hal baru tetapi terus terjadi. Mari kita refleksi diri, berempati, bahkan perlu martyria untuk keharmonisan lingkungan hidup kawasan Danau Toba khususnya, dan Bumi Indonesia pada umumnya. (S24-AsenkLeeSaragih)

Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama