. Bupati Musi Rawas Utara Hadiri Bimtek Opratot Dapodik yang Digelar Dinas Pendidikan Muratara

Bupati Musi Rawas Utara Hadiri Bimtek Opratot Dapodik yang Digelar Dinas Pendidikan Muratara


Muratara, S24
-Bupati Muratara H Devi Suhartoni saat pembuka'an kegiatan bimbingan teknis(Bimtek) peningkatan kopetensi oprator dapodik untuk jenhang SD,SMP di SMPN 1 Rupit, berpesan, Jumat (01/03/2024). Bupati Muratara H Devi Suhartoni (HDS), meminta operator Dapodik, terus meningkatkan kemampuan Information Technology (IT).

Peningkata tersebut Bertujuan untuk mendingkrak kemampuan IT agar lebih baik dan mumpuni. Dengan baik nya kemampuan IT para oprator,maka oprator akan akan mampu untuk mengelola Dapodik dengan maksimal.

Bupati HDS juga mengatakan,ketelitian sangat diperlukan untuk menjadi operator Dapodik. Jangan sampai karena tak teliti, data yang dimasukkan ke Dapodik malah data yang tidak valid.

"Kami pemerintah perlu data, siapapun Bupatinya nanti pasti perlu data. Contoh ketika saya meminta pendataan berapa banyak sekolah yang kurang mobiler, dan berapa persen mobiler yang harus disiapkan," katanya.

Untuk itu,operator SD dan SMP yang ikut bimtek, nharus memahami betul semua materi yang disampaikan dalam bimtek. Operator juga diharapkan memahami tugas – tugasnya sebagai operator,kata bupati.

Kepala Dinas Pendidikan atau Disdik Zazili, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan, setiap sekolah wajib menunjuk seorang operator Dapodik untuk mengelola data pendidikan di sekolah.

Di Kabupaten Muratar, operator Dapodik dijenang SD dan SMP ada sebagian yang menjadi tenaga bantu dalam pendidikan di sekolah. Sedang kan Operator Dapodik sendiri mempunyai tugas dan tanggungjawab Sendiri.
 
Operator Dapodik bertanggungjawab untuk mengisi, mengelola, dan menyimpan data yang terkait dengan kegiatan pendidikan di sekolah. Seperti data siswa, guru, kelas, mata pelaaran dan lain – lain” papar kepala dinas pendisikan(Kadisdik) Zazili S.sos.

''Dalam kegiata Bimtek ini Hadir Juga nara sumber Wantoro, ST dari Dinas Pendidikan Sumsel, dan Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Salahudin, ST. Diikuti operator jenjang SD dan SMP di Muratara. (S24-M Feriansyah).

Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama