. Kandang Unggas di Taman Hutan Kota Jambi Tak Terurus, Butuh Sentuhan Kreatifitas Pegiat Wisata

Kandang Unggas di Taman Hutan Kota Jambi Tak Terurus, Butuh Sentuhan Kreatifitas Pegiat Wisata

Kandang Unggas di Taman Hutan Kota Jambi Tak Terurus, Butuh Sentuhan Penataan Profesional. (Foto: Moses Juneri Manihuruk)

Jambi, S24-Taman Hutan Kota "Muhammad Sabki" Kota Jambi merupakan salah satu obyek wisata bernuansa alam yang dimiliki Pemerintah Kota Jambi. Jika obyek wilasa alam seluas 11 Hektare dengan keberadaan hutannya yang masih asri, bisa menjadi obyek wisata andalan seperti setidaknya menyerupai "Kebun Raya Bogor" mini atau "Taman Ragunan Jakarta".

Pada Senin 11 Maret 2024 kemarin, Penulis mengunjungi Taman Hutan Kota "Muhammad Sabki" Kota Jambi yang berlokasi di Kelurahan Kenali Asam, Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi ini bersama anak Penulis Ezer Twopama Manihuruk. Untuk menuju lokasi tidak sulit, hanya sekitar 25 menit dari Tugu keris Siginjai Kota Jambi (Komplek Kantor Wali Kota Jambi). 

Tiba dilokasi, ada tempat parkir kenderaan jenis motor dan ada jenis mobil. Lokasi parkirnya terpisah, disebelah kanan dan kiri depan taman tersebut. Jika masuk ke areal Taman Hutan Kota "Muhammad Sabki" Kota Jambi harus melewati pintu registrasi. Disana kami disambut seorang petugas dan membayar retribusi untuk orang dewasa Rp 5000/ Orang dan anak-anak Rp 3000/ orang dan parkir motor Rp tambah 2000 dan tarif parkir mobil Rp 3000. 

Namun untuk pertanggal 1 April 2024, retribusi sudah naik seperti yang ditetapkan Peraturan Daerah (Perda) Pemerintah Kota Jambi No 2 Tahun 2024. Untuk orang dewasa Rp 8.000 dan anak-anak Rp 5000/ orang. Untuk hari libur Nasional retribusi untuk orang dewasa Rp 10.000/orang.

Kandang Unggas Tak Terawat

Saat Penulis memasuki areal taman dan belok ke sebelah kanan, tampat berjejer kandang unggas atau burung yang tidak terurus. bahkan hanya ada sedikit kandang yang berisi unggas seperti Ayam Hutan dan Burung Kulitang, Crucukan. 

Seharusnya, jika kandang unggas itu dirawat dengan baik dan ada jenis unggas khas yang dipelihara, menjadi daya tarik obyek wisata itu. Pasalnya kandang unggas yang tidak terawat itu berada disepenjang jalan menuju pendopo yang ada di tengah hutan obyek wisata itu. 

Pengunjung meminta kepada Pemerintah Kota Jambi lewat UPTD yang mengelola Taman Hutan Kota "Muhammad Sabki" Kota Jambi agar membenahi sarana prasarana yang ada di Taman Hutan Kota "Muhammad Sabki" Kota Jambi agar pengunjung semakin tertarik untuk datang mengunjunginya. Kandang-kandang unggas bisa diisi dengan burung jenis yang unik sehingga suara dan keasrian Taman Hutan Kota "Muhammad Sabki" Kota Jambi semakin terasa. Semoga. (S24-Asenk LeeSaragih)

  
Taman Hutan Kota "Muhammad Sabki" Kota Jambi yang berlokasi di Kelurahan Kenali Asam, Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi. 

Kandang Unggas di Taman Hutan Kota Jambi Tak Terurus, Butuh Sentuhan Penataan Profesional. (Foto: Moses Juneri Manihuruk)



Kandang Unggas di Taman Hutan Kota Jambi Tak Terurus, Butuh Sentuhan Penataan Profesional. (Foto: Moses Juneri Manihuruk)

Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama