. KPU Luncurkan Tahapan Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara

KPU Luncurkan Tahapan Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara


Humbahas, S24 - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Provinsi Sumatera Utara menggelar Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Kabupaten Humbahas, di Aula Hutamas Kompleks Perkantoran Tano Tubu Doloksanggul, Rabu (29/5/2024). 

Peluncuran tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati atau tahapan Pilkada itu, ditandai dengan pemukulan, “Tagading” oleh Ketua KPU Humbahas Meena Cibro bersama seluruh komisioner KPU, Wakil Bupati Humbahas Oloan Paniaran Nababan, Ketua Bawaslu Humbahas Wesly Pasaribu, Forkopimda Humbahas dan mewakili tokoh masyarakat.

Meena Cibro mengatakan, peluncuran tahapan Pilkada Kabupaten Humbang Hasundutan itu merupakan bagian dari sosialisasi setiap tahapan yang sudah ditetapkan KPU.

"KPU sudah melaksanakan tahapan jalur perorangan dan saat ini KPU sedang melaksanakan verifikasinya. KPU juga sudah membentuk PPS dan KPPS untuk 131 Desa dan satu kelurahan," ujar Meena Cibro.

Lanjutnya Meena,  KPU sejatinya hanya pelaksana penyelengaraan Pilkada. Untuk itu, KPU sangat membutuhkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat dan stakeholder untuk koordinasi dalam setiap tahapan.

Ketua Bawaslu Wesly H Pasaribu mengatakan, sebagai penyelenggara Pilkada, pihaknya siap untuk melakukan pengawasan setiap proses tahapan yang akan dilaksanakan, termasuk mengawasi ketidaknetralan para ASN dan TNI-Polri.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menjadikan proses Pilkada yang baik. Semua elemen harus bersinergi untuk mendapatkan pemimpin yang terbaik untuk Kabupaten Humbang Hasundutan ke depan," tuturnya.

Sementara itu, Oloan Paniaran Nababan Wakil Bupati Humbahas mengatakan, peluncuran tahapan Pilkada itu dapat menjadi momentum bagi semua pihak, baik sebagai penyelenggaran maupun sebagai peserta Pilkada untuk membangun konsolidasi dan koordinasi yang harmonis demi mewujudkan Pilkada yang demokratis berlandaskan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Wakil Bupati juga mengajak semua pihak untuk melaksanakan semua proses Pilkada dengan hati yang lapang dan pikiran yang terbuka, serta menerima setiap perbedaan pendapat sebagai bagian dari proses demokrasi.

Hadir dalam kegiatan itu, Forkopimda Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), para tokoh masyarakat, perwakilan Partai Politik, Pimpinan Organisasi Masyarakat (Ormas), Bawaslu dan jajaran KPU. (SIB, S24/FS)

Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama