. Retreat Remaja HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Telah Usai, Jadilah Menjadi Berkat Bagi Orang Lain

Retreat Remaja HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Telah Usai, Jadilah Menjadi Berkat Bagi Orang Lain

Panitia poto bersama dengan AKBP. Dr. Dadang, Djoko Karyanto, S.IP, SH, MH Kasubdit Bintibsos Ditbinmas Polda Jambi.

Jambi, S24
- Retreat Remaja HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi telah usai yang dilaksanakan mulai tanggal 28 - 30 September 2023 di Distrik Center HKBP Distrik XXV Jambi Desa Pelempang Kecamatan Mestong Kabupaten Muarojambi Provinsi Jambi, banyak kenangan manis yang tidak dapat dilupakan sepanjang masa.

Para peserta retreat terlihat kompak dan patuh kepada konselor yang telah dibentuk setiap kelompok, mereka dengan setia mengikuti arahan dan bimbingan konselornya. 

Setiap kegiatan yang telah dijadwal mereka laksanakan dengan penuh semangat, namun paling seru dan menarik ketika Time Keerper yang dikomandoi Alfred Silitonga pada pagi harinya membunyikan sirene pukul 04.00 WIB pertanda semua peserta retreat harus bangun.


Terlihat diantara para peserta retreat agak susah bangun, namun karena dengan sigapnya Time Keerper keliling dari satu tempat ke tempat lainnya membunyikan sirene dengan toanya akhirnya merekapun bangun dan melaksanakan saat teduh yang berperan sie Ibadah dan sie Konselor. 

Peserta retreat tidur di beberapa kontainer dan di aula Distrik Center dengan beralaskan tikar di lantai dan kamar mandi seadanya sementara penerangan getsen, mereka di ajak untuk bersatu dengan alam. Namun mereka dapat menikmati apa yang ada fasilitas di Distrik Center tersebut.

Dengan jadwal yang telah tersusun rapi (rundown kegiatan) mereka laksanakan dengan penuh semangat, setelah saat teduh di pagi hari langsung peserta diarahkan untuk olahraga berperan sie Games mereka mengikuti gerakan melalui layar monitor, terlihat gerakan mereka lucu dan menarik sembari menebar senyum antara yang satu dengan peserta lainnya, kekompokan mereka pertontonkan dalam acara ini.

Didapur umum yang dipayungi tenda warna - warni dengan meja tertata rapi sie konsumsi mempersiapkan sarapan. Philip Pasaribu dibantu Naposo dengan sigapnya menjemput sarapan, maupun kebutuhan konsumsi selama retreat. Ketika sarapan maupun Coffee Break, Ice Breaking, makan siang  dan makan malam sie konsumsi melayani mereka dengan penuh telaten dan mempersiapkan kopi/teh.

Panitia Retreat Remaja tahun 2023 yang dikomandoi St. SS.Manalu, S.Th dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab sesuai dengan sienya masing - masing dan saling membantu, mengingatkan, kompak dan solid, yang utama kerjasama yang mereka perlihatkan.

Sesi pertama Kamis, 28/9/2023 seminar materi "Etika Pergaulan dan Wawasan Kebangsaan" disampaikan oleh AKBP. Dr. Danang, Djoko Karyanto, S.IP, SH, MH Kasubdit Bintibsos Ditbinmas Polda Jambi dan materi tentang Bahaya Narkoba yang disampaikan oleh Verawati, S.Sos.I Sub Koordinator Pencegahan Bidang P2M BNN Provinsi Jambi.

Ketika Majalah Holong Online yang juga wartawan Sumetra24jam. com, Jambi24jam.com menghampiri dan berbincang - bincang sembari duduk santai di salah satu gazebo, Perwira Menengah yang bergelar Doktor Pendidikan itu menyatakan terima kasih dan merasa senang atas undangan sebagai pemateri seminar di acara Retreat Remaja ini.

Mantan Waka Polres Tebo yang ramah dan murah senyum itu menyatakan berbagai acara Agama Kristen dia ikuti dan toleransi umat beragama itu harus kita junjung tinggi karena kita disatukan dengan Bhinneka Tunggal Ika, berbeda - beda namun tetap satu yang dibingkai dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tuturnya.

Dadang panggilan akrabnya, menyatakan kagum atas lokasi Distrik Center ini yang masih ditumbuhi pepohonan, asri, udaranya segar dan nyaman, ungkapnya dengan nada penuh sahabat.

Lebih lanjut dikatakan lokasi ini diupayakan  ditata dengan rapi dan suatu saat nantinya lokasi ini dapat dijadikan sebagai tempat pertemuan dan rapat - rapat maupun seminar - seminar berskala lokal maupun nasional, karena pada waktunya nanti masyarakat akan  menghendaki suasana kembali ke alam, pungkas pria yang rendah hati ini sembari menikmati nasi bungkus bersama istri yang disediakan panitia.

Seminar 29/9/203 dengan materi, "Tanggungjawab Bergereja" disampaikan oleh Pdt. Pestanatalia Silaen, S.Th, MA yang sehari - hari melayani di Gereja HKBP Jambi sekaligus Pembina Remaja HKBP Jambi. Sesi berikutnya dengan materi, "Berkar, Bertumbuh dan Berbuah" yang disampaikan Pdt. Marietta Simanjuntak, S.Th, MA, M.Th yang juga Pendeta, Konselor dan Dosen yang tinggal dan menetap di Bandung Provinsi Jawa Barat.

Sementara hari terakhir Sabtu, 30/9/2023 dengan materi, "Motivasi Belajar dan Bekerja Pemuda Zaman Now", disampaikan Prof. Dr. Ir. Dompak Napitupul, M.Sc Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Jambi.

Retreat Remaja HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV berjalan sesuai dengan Roundwn Kegiatan yang telah disusun dengan rapi. Sie Perlengkapan,sie Konselor, sie Ibadah, sie Game, sei Konsumsi, sie Time Keeper dan sie Seminar dapat melaksanakan tanggungjawabnya masing - masing.

Seluruh peserta retreat antusias mengikuti kegiatan demi kegiatan selama retreat berlangsung, kekompakan mereka pertontonkan, antara yang satu dengan yang lain saling tegur sapa dan harapan Panitia kepada peserta retreat agar segala kegiatan yang telah diikuti, dibina, dibimbing secara rohani dan arahan  dari konselor, Pendeta maupun para pemateri seminar dapat dilakukan dikehidupan sehari - hari, karena remaja ini sebagai "Generasi Penerus Gereja HKBP".

Panitia juga mengupayakan agar Retreat Remaja belajar koor untuk dapat dinyanyikan bersama di Ibadah siang pukul 11.00 WIB di gereja HKBP Jambi, sebagai oleh - oleh retreat persembahan bagi kemuliaan nama Tuhan, mereka dilatih oleh Abraham Tambun, SE, MM dan H. Tambunan, S.Pd.

Usai sudah kegiatan Retreat Remaja dengan berbagi kenangan manis dapat dipetik dalam acara ini dan di ingat sepanjang masa. Melihat tingkah laku para peserta yang lucu dan menarik namun tetap dapat terkontrol.

Ketika peserta tepat pada waktu sarapan pagi, coffee break, makan siang, ice breaking dan makan malam mereka berbaris secara teratur tetap terpimpin saling bergantian, tim konsumsi dengan telaten melayani mereka dan diapresiasi.

Puncak dari seluruh kegiatan Retreat Remaja adalah prosesi menyalakan api unggun di malam hari tepat pada pukul 21.00 WIB mulai persiapan menyalakan api, para peserta dan seluruh panitia berbaris membentuk lingkaran mengelilingi kayu bakar yang telah disusun rapi berbentuk gungukan piramide itu. 

Prosesi menyalakan api unggun dipimpin langsung Ketua Panitia St. SS. Manalu, S.Th paling seru dan hikmat ketika api telah menyala. Menurut Ketua dalam arahannya bahwa api unggun ini dimaknai sebagai simbol kebersamaa antara sesama peserta Retreat Remaja dan seluruh panitia. 

Lebih lanjut dikatakan bahwa menyalakan api unggun bukanlah sebuah ritual, melainkan bahagian yang tidak terpisahkan dari rangkaian kegiatan dalam acara retreat ini, untuk itu diharapkan kepada seluruh peserta selama retreat berlangsung mulai dari bimbingan, binaan dan arahan secara rohani dari konselor, Pendeta, maupun pemateri seminar mengambil pelajaran dan pengalaman yang berharga sebagai bekal untuk menjadi lebih baik, jadilah penerang bagi orang lain, ujarnya.

Dikatakan Pahlawan Tanpa Jasa di SD Negeri 28 Kota Jambi ini ada tiga makna filosofi dari Api Unggun: 1. Api berkobar dimaknai sebagai semangat yang membara, 2. Api yang panas sebagai simbol kekuatan dan 3. Api yang bercahaya mengandung arti petunjuk persaudaraa dan persatuan, ungkap pelayan di Gereja HKBP Jambi ini.

Diakhir arahannya kepada peserta retreat dikatakan tunjukkan teladan yang baik bagi orang lain, jadilah seperti cahaya api yang mampu memberikan kehangatan kepada orang lain dan menjadi berkat bagi orang lain, karena orang yang berguna adalah orang yang menjadi berkat bagi orang lain, pungkasnya.

Ibadah penutup dipimpin  oleh Pdt. Pestanatalia Silaen, S.Th, M.Th, selanjutnya tim konsumsi mengatakan sepata kata, apabila ada pelayanan yang kurang berkenan kepada peserta harap dimaklumi, namun secara umum sie konsumsi diapresiasi atas pelayanan yang terbaik, dilanjutkan dengan poto bersama. Merekapun pulang dengan penuh suka cita. (S24/Fendi Sinabutar).

Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama