. Yunitha Sihotang SE Maju Caleg DPRD Kota Jambi Dapil Telanaipura, Danau Sipin dan Danau Teluk

Yunitha Sihotang SE Maju Caleg DPRD Kota Jambi Dapil Telanaipura, Danau Sipin dan Danau Teluk


Jambi, S24
-Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Kota Jambi benar-benar peduli dan bijak dalam memilih calon legislatif dari kaum perempuan untuk Pemilu 14 Februari 2024 mendatag. Penempatan bacaleg PSI di sejumlah daerah pemilihan merupakan strategi untuk mendulang suara dengan sistem gotong royong sesama caleg PSI. Dengan menawarkan “Low Cost Politics” yakni politik berbiaya murah, PSI Jambi menjaring bacaleg yang potensial dan mewakili kaum perempuan untuk berkontribusi menuju Jambi yang lebih baik.

Berangkat dari strategi itu, salah satu bacaleg yang diusung PSI Kota Jambi adalah Yinitha Sihotang SE untuk daerah pemilihan (dapil) III yang meliputi Kecamatan Telanaipura, Kecamatan Danau Sipin dan Kecamatan Danau Teluk. 

Majunya Yunitha Sihotang yang juga Srikandi Ormas Horas Bangso Batak (HBB) Kota Jambi sebagai bacaleg DPRD Kota Jambi Pemilu 14 Februari 2024 mendatang, juga mendapat dukungan penuh dari kader dan pengurus PSI serta komunitas HBB Kota Jambi.

Bahkan Ketua DPD PSI Kota Jambi Jon Very Sihaloho ST serta Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia – PSI Provinsi Jambi Ir Tigor GH Sinaga sangat mengapresiasi rapa caleg PSI termasuk Yunitha Sihotang SE. Meski telah berstatus orang tua tunggal untuk 4 anaknya sejak ditinggal suami tercinta Alm IPDA Robinson Sinaga, Yunitha Sihotang tetap meniatkan impian tulusnya untuk caleg PSI.

Yunitha Sihotang maju sebagai caleg untuk tujuan, siap memperjuangkan aspirasi masyarakat Kota Jambi. Dirinya juga berjanji jika PSI menang Pemilu 2024, iuran BPJS akan diperjuangkan untuk digratiskan. Juga mengawasi anggaran pemerintahan dari para koruptor.

"Mengawal uang rakyat yang bersumber dari pajak rakyat agar digunanakan untuk kemakmuran rakyat. Berkontribusi penuh dalam membuat perda yang pro rakyat. Mengawal program pembangunan. Mengawal memastikan birokrasi yang ramah peduli kepada rakyat. Membantu pelaku UMKM di Kota Jambi. Yang tidak kalah penting memperjuangkan guru agaman Kristen di setiap sekolah Negeri SD, SMP di Kota Jambi," ujar Yunitha Sihotang.

Dari catatan, jumlah Daftar Pilih Tetap (DPT) Daerah Pemilihan Kota Jambi 3 berjumah 72.857 pemilih yang terbagi di tiga kecamatan (Telanaipura, Danau Teluk, Danau Sipin). Jumlah DPT di Kecamatan Telanaipura sebanyak 33.289 yang terdiri dari 16.438 laki-laki dan 16.105 perempuan. DPT Kecamatan Danau Teluk sebanyak 9.347 pemilih dengan rincian laki-laki berjumlah 4.676 orang dan 4.671 pemilih perempuan. Sedangkan DPT di Kecamatan Danau Sipin berjumlah 30.221 pemilih yang terbagi 14.816 pemilih laki-laki dan 15.405 pemilih perempuan.  

Sementara sebanyak 656 calon legislatif dari 17 Partai Politik peserta Pemilu akan merebut 45 kursi DPRD Kota Jambi pada Pemilu 14 Februari 2023 mendatang. Sebanyak 61 caleg adalah berdarah Batak (Etnis Batak) dari latar belakang berbagai profesi. Sementara Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di Kota sebanyak 451.723 pemilih yang tersebar di 5 daerah pemilihan (Dapil).

Dari 61 orang jumlah caleg etnis Batak itu, diusung oleh Gerindra-5 orang, PDIP-9 orang, Golkar-4 orang, NasDem-5 orang, PKS-2 orang, PPP-1 orang, Partai Buruh-1 orang, PKN-1 orang, PBB-1 orang, PSI- 22 orang, Perindo-6 orang.

PSI mengusung 24 calegnya dari etnis Batak. Dari 17 parpol ini, hanya DPC PSI Kota Jambi yang mengusung paling banyak calegnya hingga mencapai 22 dari 61 caleg etnis Batak se Kota Jambi. Caleg etnis Batak paling banyak di dapil 5 yakni Kecamatan Jambi Selatan dan Kecamatan Paal Merah dengan 18 caleg etnis Batak. Kuota kursi DPRD Kota Jambi Periode 2024-2029 sebanyak 45.

Caleg PSI Etnis Batak Dapil Jambi 3 Kecamatan Telanaipura, Danau Teluk dan Danau Sipin (Kuota 8 Kursi DPRD Kota Jambi)

- Eric P.H Sinaga,S.E (PSI)
-Yulita Megawati Manik, S.P (PSI)
-Matius R.M Sitepu, S.E (PSI)
-Halim Bonarta Manalu (PSI)
-Yunitha Sihotang (PSI)
-Elisa Asi Barita Posma (PSI).

         
Suami: Alm IPDA Robinson Sinaga.

Biodata:

Yunitha Sihotang, SE.
Lahir di Kota Jambi

Pendidikan:
SD NEGERI 92/IV Telaipura Jambi
SMP NEGERI 7 KOTA JAMBI
SMEA NEGERI 1 KOTA JAMBI
UNIVERSITAS JAMBI  FAKULTAS EKONOMI

Keluarga:

Suami: Alm IPDA Robinson Sinaga
Anak : 1.Riko Sinaga, 2.Riska Sinaga, 3.Trinita Sinaga, 4.Satria Bhayangkara Sinaga.
Keluarga: Yunitha Sihotang SE dan ke 4 anaknya.

Tahapan Pemilu 2024, pengumuman DCS 18 Agustus 2023 dan pencermatan rancangan DCT dilakukan pada 24 September 2023 sampai 3 Oktober 2023. Kemudian penyusunan dan penetapan DCT pada 4 Oktober 2023 hingga 3 November 2023. Dan pengumuman DCT dilaksanakan 4 November 2023. Pencoblosan 14 Februari 2024. (J24-Asenk Lee Saragih) 


Galeri Foto Sosialita Yunitha Sihotang SE di Kota Jambi
































Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama